eprintid: 21614 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/16/14 datestamp: 2016-08-13 04:38:52 lastmod: 2016-08-13 04:38:52 status_changed: 2016-08-13 04:38:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Vici Prihmaningrum AM, NIM . 12480062 title: UPAYA GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I A DI MIN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: kecerdasan emosional, upaya guru note: Dra. Siti Johariyah, M. Pd., abstract: Adanya kecenderungan terjadinya peningkatan anak yang mengalami gangguan emosi seiring berkembangnya zaman. Pentingnya memiliki kecerdasan emosional hendaknya menjadi perhatian, khususnya dalam dunia pendidikan. Selain menjadikan perilaku lebih baik, kecerdasan emosional juga berpengaruh dalam prestasi belajar anak. Madrasah sebagai wahana pendidikan formal dan peran guru sebagai pendidik dirasa sangat strategis untuk menumbuhkan kecerdasan emosional anak. MIN Yogyakarta 1 telah melakukan hal tersebut dengan menyisipkannya dalam proses pembelajaran khususnya di kelas I A. Permasalahan yang dikaji adalah: (1) bagaimana upaya guru kelas dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa kelas I A di MIN Yogyakarta 1, (2) apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa kelas IA di MIN Yogyakarta 1, (3) bagaimana hasil dari upaya guru kelas dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa kelas I A di MIN Yogyakarta 1. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MIN Yogyakarta 1. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan dua macam triangulasi, yaitu triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) upaya guru dalam menumbuhkan kecerdasan emosional yang terdiri dari 5 aspek (kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan) yaitu dengan pembiasaan kegiatan positif, melalui nasihat, pemberian motivasi, dan pemberian reward dan punishment, melalui cerita dan lagu, belajar berkelompok, menjalin komunikasi yang baik, sistem rolling tempat duduk, dan variasi dalam membentuk kelompok. (2) faktor pendukung yaitu kemampuan seorang guru, komunikasi antar guru dan siswa, partisipasi aktif siswa, lingkungan belajar, dan orang tua siswa. Faktor penghambat yaitu reaksi sosial terhadap perilaku emosional dan rendahnya kecerdasan emosional pada beberapa siswa. (3) hasil dari upaya guru kelas dalam menumbuhkan kecerdasan emosional siswa sudah berjalan baik, dimana siswa memiliki kesadaran diri, mampu mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, memiliki empati, dan mampu membina hubungan. date: 2016-05-02 date_type: published pages: 192 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Vici Prihmaningrum AM, NIM . 12480062 (2016) UPAYA GURU KELAS DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I A DI MIN YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21614/1/12480062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21614/2/12480062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf