@phdthesis{digilib21617, month = {April}, title = {KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12480070 Nisfi Anisah}, year = {2016}, note = {Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd.}, keywords = {Korelasi, Minat Baca, Prestasi Belajar}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21617/}, abstract = {Membaca merupakan sebuah keterampilan yang berkaitan erat dengan berbagai aspek pengetahuan, baik itu pengetahuan tentang ilmu sosial maupun sains. Bahkan membaca merupakan salah satu aspek ruang lingkup dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dalam standar isi Madrasah Ibtidaiyah yang menyatakan ? bahwa ? ?Yang ? diharapkan ? pada ? akhir ? pendidikan ? di ? Madrasah ? Ibtidaiyah, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan ?nonsastra?. ?? Akan ?tetapi, ?bagi ?sebagian ?siswa ?MIN ?Wonosari ?membaca ?adalah ? suatu hal yang dianggap membosankan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa tinggikah minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (2) seberapa tinggikah prestasi belajar siwa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (3) adakah korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (3) mengetahui korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi. serta observasi dan wawancara untuk mendukung data sekunder. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan presentase 67,6\%, (2) prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan presentase sebesar 64,9\%. (3) terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar sebesar rxy = 0,724 dan diperoleh persamaan regresi Y= 47,985 + 0,632 (X).} }