eprintid: 21617 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/16/17 datestamp: 2016-08-13 05:09:08 lastmod: 2016-08-13 05:09:08 status_changed: 2016-08-13 05:09:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nisfi Anisah, NIM. 12480070 title: KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 ispublished: pub subjects: pg_mi divisions: pgmi full_text_status: restricted keywords: Korelasi, Minat Baca, Prestasi Belajar note: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M. Pd. abstract: Membaca merupakan sebuah keterampilan yang berkaitan erat dengan berbagai aspek pengetahuan, baik itu pengetahuan tentang ilmu sosial maupun sains. Bahkan membaca merupakan salah satu aspek ruang lingkup dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sesuai dalam standar isi Madrasah Ibtidaiyah yang menyatakan خ bahwa خ “Yang خ diharapkan خ pada خ akhir خ pendidikan خ di خ Madrasah خ Ibtidaiyah, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya sembilan buku sastra dan خnonsastra”. خخ Akan خtetapi, خbagi خsebagian خsiswa خMIN خWonosari خmembaca خadalah خ suatu hal yang dianggap membosankan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) seberapa tinggikah minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (2) seberapa tinggikah prestasi belajar siwa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (3) adakah korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016, (3) mengetahui korelasi antara minat baca dengan prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V MIN Wonosari Gunungkidul Yogyakarta tahun pelajaran 2015/2016 sejumlah 39 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dokumentasi. serta observasi dan wawancara untuk mendukung data sekunder. Uji prasyarat analisis digunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat baca siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan presentase 67,6%, (2) prestasi belajar siswa kelas V MIN Wonosari tahun pelajaran 2015/2016 termasuk kategori sedang dengan presentase sebesar 64,9%. (3) terdapat hubungan yang positif antara minat baca dengan prestasi belajar sebesar rxy = 0,724 dan diperoleh persamaan regresi Y= 47,985 + 0,632 (X). date: 2016-04-29 date_type: published pages: 148 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Nisfi Anisah, NIM. 12480070 (2016) KORELASI ANTARA MINAT BACA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MIN WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21617/1/12480070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21617/2/12480070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf