TY - THES N1 - Dr. Maemonah, M.Ag. ID - digilib21619 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21619/ A1 - Puji Lestari, NIM.12480073 Y1 - 2016/05/08/ N2 - Latar belakang penelitian ini adalah keadaan dimana dunia pendidikan dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti masuknya budaya barat yang bersifat hedonisme yang berakibat manusia menjadi meremehkan nilai-nilai budi pekerti dan juga agama karena dianggap tidak memberikan kontribusi secara material dan keduniaan. Pendidikan agama yang di ajarkan di sekolah juga masih berorientasi pada aspek kognitif semata. Salah satu cara untuk menanamkan nilainilai agama dan membiasakan pada siswa adalah melalui budaya religius di sekolah. Budaya religius sekolah sangatlah diperlukan untuk mewujudkan pribadi manusia khususnya peserta didik agar tercipta generasi muda yang religius dan taat pada agamanya. Keberhasilan pelaksanaan budaya religius di sekolah tidak terlepas dari adanya peran guru. Hal ini membuat peran guru menjadi penting dalam menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik sebagai upaya tercipta dan terlaksananya budaya religius di sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) bagaimana implementasi budaya religius di MIN Wonosari, 2) bagaimana peran guru dalam implementasi budaya religius di MIN Wonosari, 3) apa saja kendala yang dihadapi guru dalam implementasi budaya religius di MIN Wonosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Wonosari. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) implementasi budaya religius di MIN Wonosari dilakukan dengan cara : (a) internalisasi nilai baik di dalam proses pembelajaran maupun diluar jam pembelajaran, (b) melalui kegiatan pembiasaan yang diterapkan di Madrasah, (c) melalui kegiatan ekstrakulikuler yang menjadi pendukung penerapan budaya religius di MIN Wonosari. Di dalam kegiatan implementasi budaya religius di MIN Wonosari terdapat beberapa kegiatan pembiasaan yang belum dilaksanakan, yaitu pembiasaan puasa senin kamis dan shalat dhuha. 2) peran guru dalam implementasi budaya religius yaitu : (a) peran guru sebagai teladan atau contoh, (b) peran guru sebagai penginternalisasi nilai, (c) peran guru sebagai motivator kegiatan keagamaan, d) peran guru sebagai pembimbing keagiatan keagamaan. 3) kendala dalam penerapan budaya religius di MIN Wonosari, yaitu : (a) siswa belum memahami pentingnya menjalankan ibadah, dan belum mengerti apa itu pahala, (b) masih ada siswa yang kesulitan baca tulis Al-Qur?an, (c) latar belakang siswa yang berbeda-beda. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Peran Guru KW - Implementasi Budaya Religius M1 - skripsi TI - PERAN GURU DALAM IMPLEMENTASI BUDAYA RELIGIUS DI MIN WONOSARI AV - restricted EP - 199 ER -