eprintid: 2163 rev_number: 6 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/21/63 datestamp: 2012-08-10 11:06:31 lastmod: 2012-08-10 11:07:51 status_changed: 2012-05-04 16:42:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: RONI MUSLIKAH. NIM. 05410150, title: IMPLEMENTASI KURIKULUM SYARI'AH BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) MASARAN SRAGEN ispublished: pub divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Implementasi, Kurikulum, Syariah, Kompetensi note: Pembimbing : Dr. Karwadi, M. Ag abstract: ABSTRACT Latar belakang penelitian ini adalah bahwa rusaknya moralitas anak bangsa saat ini diklaim sebagai kegagalan pendidikan yang ada, sehingga para stakeholder pendidikan merasa perlu menciptakan inovasi baru bagi pendidikan dalam menghadapi arus globalisasi saat ini. Pemerintah Indonesia selalu mengadakan pembaharuan dalam pendidikan, kurikulum yang ada di Indonesia telah banyak mengalami perubahan dan perbaikan. Mengingat kurikulum berkedudukan sentral pada seluruh kegiatan pendidikan. Namun kurikulum yang ada saat ini masih menunjukkan adanya dikotomi keilmuan, hal ini mengakibatkan ketidak seimbangan perkembangan kemampuan intelektual dan spiritual anak. SDMT Masaran Sragen menawarkan konsep pendidikan terpadu dengan penerapan kurikulum syari'ah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang konsep , pelaksanaan kurikulum syari'ah, dan kompetensi bagi lulusan SDMT Masaran Sragen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian yaitu implementasi kurikulum syri'ah di SDMT Masaran Sragen. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan menggunakan sumber ganda dan metode ganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) konsep kurikulum syari'ah di SDMT Masaran Sragen meliputi; terpadu dalam pelaksanaan pembelajaran umum dan pembelajaran berbasisi Islam, terpadu dalam pelaksanaan kurikulum Diknas dengan kurikulum berbasis Islam, terpadu dalam aspek subyek belajar (aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik), dan terpadu di tiga lingkungan belajar antaranya lingkungan sekolah, keluarga, dan masyarakat. (2) pelaksanaan kurikulum syari'ah disetiap komponennya meliputi; pelaksanaan tujuan kurikulum syari'ah dilakukan dengan menjabarkan tujuan umum pendidikan nasional kedalam tujuan institusional, tujuan kurikuler, dan tujuan instruksional, pelaksanaan materi kurikulum syari'ah adalah pada setiap materi diintegrasikan melalui ayat Al-Qur'an, hadist, atau Asmaul Husna yang sesuai dengan materi, pelaksanaan kegiatan pembelajaran kurikulum syari'ah dilakukan dengan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif baik di dalam maupun di luar kelas, dan pelaksanaan evaluasi kurikulum syari'ah dilakukan pada setiap aspek kemampuan peserta didik (aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik). (3) kualifikasi bagi lulusan SDMT Masaran Sragen menekankan pada empat aspek kejiwaan manusia yaitu aspek aqliyah, ruhiyah, jasadiyah, dan aspek kecakapan hidup (life skill), pelaksanaan dalam pengembangan dasar kemampuan peserta didik dilakukan dengan dua fase yaitu fase pembentukkan kompetensi dasar, dan fase perkembangan basis kompetensi. date: 2009-11-17 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-11-17 14:39:32 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ronimuslik-3028-1-ronimus-n.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/61/digilib-uinsuka--ronimuslik-3028-1-ronimus-n.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3447 ; nama file lama : RONI MUSLIKAH 05410150 IMPLEMENTASI KURIKULUM SYARIAH BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) MASARAN SRAGEN.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 755448 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: RONI MUSLIKAH. NIM. 05410150, (2009) IMPLEMENTASI KURIKULUM SYARI'AH BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH TERPADU (SDMT) MASARAN SRAGEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2163/10/small.jpg