eprintid: 2166 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 12460 dir: disk0/00/00/21/66 datestamp: 2025-04-21 04:47:22 lastmod: 2025-04-21 04:49:01 status_changed: 2012-05-04 16:42:12 type: thesis metadata_visibility: show contact_email: muh.khabib@uin-suka.ac.id creators_name: Sarno, NIM.: 04410650 title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: 371.2. divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Usia Dini note: Drs. Nur Munajat, M.Si abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan, dan faktor yang mempengaruhi keberhasilan manajemen pembelajaran di TK Islam Tunas Melati. Hal ini menarik untuk dilakukan penelitian, karena untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya melaksanakan manajemen pembelajaran di TK, sekaligus untuk memberikan gambaran tentang proses manajemen pembelajaran pada pendidikan prasekolah yang dilaksanakan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang proses manajemen pembelajaran pada jenjang pendidikan anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengambil latar TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. Dengan menggunakan pendekatan Manajeman Pembelajaran. Metode pengumpulan data dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dengan mengunakan metode triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan: 1). Manajemen pembelajaran PAI di TK Islam Tunas Melati dilaksanakan dengan cara Penyusunan rencana pembelajaran, meliputi: menyusun kalender pendidikan, menyusun jadwal kegiatan belajar, membuat perencanaan tahunan, perencanaan semester, perencanaan mingguan (SKM), dan perencanaan harian (SKH). Pelaksanaan pembelajaran meliputi: pengaturan ruang kelas sebagai sudut belajar, pengaturan peserta didik dalam proses pembelajaran, pemilihan dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat, pengaturan kegiatan bermain peserta didik, dan pengaturan evaluasi hasil belajar peserta didik. Evaluasi program pembelajaran dilakukan dengan musyawarah guru di setiap akhir semester. 2) Keberhasilan Manajemen Pembelajaran PAI di TK Islam Tunas Melati karena didukung oleh guru dan karyawan yang kompeten dan bertanggung jawab atas tugas dan kewajibannya, serta komite sekolah yang memiliki kepedulian yang besar terhadap TK Islam Tunas Melati Yogyakarta. date: 2008-07-09 date_type: published pages: 158 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS TARBIYAH thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-05-12 14:07:42 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sarnonim04-1869-1-sarno04-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/38/digilib-uinsuka--sarnonim04-1869-1-sarno04-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2243 ; nama file lama : SARNO 04410650 MANAJEMEN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1264842 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-05-12 14:07:42 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sarnonim04-1869-1-sarno04-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/38/digilib-uinsuka--sarnonim04-1869-1-sarno04-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=2243 ; nama file lama : SARNO 04410650 MANAJEMEN PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1264842 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: Sarno, NIM.: 04410650 (2008) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TUNAS MELATI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2166/1/BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2166/2/BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf