@phdthesis{digilib2169, month = {November}, title = {HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMPN 2 TEMON KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2008/2009}, school = {UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta}, author = { SITI NUR AZIZAH NIM. 05410043}, year = {2009}, note = {Pembimbing : Sukiman, S.Ag., M.Pd}, keywords = {Hubungan, Perhatian, Orang Tua, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2169/}, abstract = { ABSTRACT Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya seorang anak bisa memiliki prestasi belajar PAI yang baik jika anak tersebut mendapat perhatian yang tinggi atau cukup dari orang tuanya. Sebab, seorang anak terutama yang sedang dalam masa pubertas tentu membutuhkan figur terpercaya yang dapat membimbing, mengarahkan dan menjadi panutan. Disinilah urgensi orang tua karena keberadaannya sebagai lingkungan pertama, utama dan yang paling dekat dikenal anak. Namun kenyataannya, ada anak yang perhatian dari orang tuanya tinggi tetapi prestasi belajar PAInya buruk/rendah dan sebaliknya ada anak yang perhatian dari orang tuanya sangat kurang tetapi prestasi belajar PAInya tinggi. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian tentang hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: seberapa tinggi tingkat perhatian orang tua wali siswa, bagaimana prestasi belajar AI siswa, dan adakah hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Temon Kulon Progo tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap ada tidaknya hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMPN 2 Temon Kulon Progo. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMPN 2 Temon tahun pelajaran 2008/2009 yang beragama Islam, yakni sebanyak 134 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling) dengan sistem undian. Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf signifikansi 5 \% sehingga berdasar ketentuan dari Isaac dan Michael jumlah sampelnya sebanyak 95 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, dokumentasi dan observasi. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan 25 butir soal angket yang diuji kesemuanya valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,899 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif dan korelasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat perhatian orang tua siswa kelas VIII SMPN 2 Temon berada pada kategori sedang/cukup dengan persentase sebesar 45.3 \%. 2) Prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Temon berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 48,4 \%. 3) Tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII SMPN 2 Temon Kulon Progo, sebab ro rt (0.037 0.202). } }