@phdthesis{digilib21690, month = {June}, title = {DAMPAK HYPNOPARENTING TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN SHALAT FARDHU SISWA KELAS V B HASYIM ASY?ARI DI SDIT SALSABILA 3 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12410024 KUNI SAFINGAH}, year = {2016}, note = {Dr. Eva Latipah, M.Si.}, keywords = {Kemandirian Shalat Fardhu, Hypnoparenting}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21690/}, abstract = {KUNI SAFINGAH. Dampak Hypnoparenting Terhadap Pembentukan Kemandirian Shalat Fardhu Siswa Kelas V. B Hasyim Asy?ari di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah siswa jenjang pendidikan sekolah dasar masih jarang yang memiliki kemandirian shalat. Hal utama yang berpengaruh terhadap pembentukan kemandirian anak yaitu orang tua. Sehingga diperlukan metode yang tepat bagi orang tua untuk mendidik anaknya dengan baik dan benar. Orang tua di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul khususnya kelas V B Hasyim Asy?ari menerapkan metode hypnoparenting untuk membentuk kemandirian shalat anak. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah mencari tahu kemandirian shalat fardhu siswa kelas V B Hasyim Asy?ari SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul dan dampak hypnoparenting terhadap kemandirian shalat fardhu siswa kelas V. B Hasyim Asy?ari SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemandirian shalat fardhu siswa kelas V. B Hasyim Asy?ari SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul menunjukkan sembilan puluh persen sudah mandiri dalam melaksanakan shalat. Bentuk-bentuk kemandirian shalat fardhu siswa antara lain: Memiliki sifat inisiatif, percaya pada kemampuan diri sendiri, puas pada pekerjaannya, siswa menunjukkan sikap yang bertanggung jawab, bebas dari keterikatan, memiliki kemauan yang keras untuk melaksanakan shalat, dan dapat mengatasi kesulitan. (2) dampak hypnoparenting terhadap kemandirian shalat fardhu kelas V B Hasyim Asy?ari di SDIT Salsabila 3 Banguntapan Bantul yaitu: sebelum diterapkan hypnoparenting siswa terkadang tidak menjalankan shalat dan menunda-nunda melaksanakan shalat. Setelah diterapkan, siswa menjadi lebih tepat waktu dan tidak ketergantungan dalam melaksanakan shalat dibandingkan dengan sebelumnya, siswa menjadi tidak terpaksa dalam melaksanakan shalat, siswa menjadi lebih tertib dalam melaksanakan shalat fardhu, siswa menjadi lebih rajin dalam melaksanakan shalat fardhu, dan hypnoparenting sebagai penguat atau pendukung bagi siswa agar tetap mandiri dalam melaksanakan shalat lima waktu.} }