<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH"^^ . "Syarifuddin Ahmad. Efektifitas Pengembangan Kemampuan Berpikir\r\nKritis Santri melalui metode Halaqah dalam Pembelajaran Fiqih di Pondok\r\nPesantren Fadlun Minalloh, Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama\r\nIslam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016.\r\nLatar belakang permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah\r\npenyelenggaraan kegiatan pembelajaran Pondok Pesantren Salafiyah untuk para\r\nsantri dengan berbagai macam materi tersebut disampaikan dengan berbagai\r\nmacam metode pembelajaran yang terangkum dalam sistem tradisional dalam\r\nbentuk sorogan, bandongan maupun lainnya. Dalam prakteknya, metode halaqah\r\ndikatagorikan sebagai diskusi untuk memahami isi kitab, bukan mempertanyakan\r\nkemungkinan benar salahnya apa-apa yang diajarkan oleh kitab. Konsekwensi\r\nlogis untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, metode halaqah\r\nharus massif lebih dikembangkan dengan model diskusi yang bersifat interaktif\r\nkritis guna menumbuhkan kemampuan berfikir kritis santri. Dengan metode\r\nhalaqah dapat memberikan peluang bagi para santri untung mengembangkan\r\nkemampuan berfikir kritis dengan saling tukar ide atau gagasan telaah materi yang\r\ndiajarkan. Dalam hali ini, Pondok Pesantren Fadlun Minalloh sebagai obyek\r\ntentang pelaksanaan pembelajaran fiqih melalui metode halaqah dalam\r\nmengembangkan kemampuan berfikir kritis. Yang menjadi pembahasa penelitian\r\nini adalah: (1) bagaimana peleksanaan pembelajaran melalui metode halaqah, (2)\r\nefektifitas pembelajaran fiqih halaqah dalam mengembangkan kemampuan\r\nberfikir kritis santri, (3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran\r\nfiqih melalui metode halaqah.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan lokasi penelitian di\r\nPondok Pesantren Fadlun Minalloh Bantul Yogyakarta. Pendekatan yang\r\ndigunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini\r\ndipilih karena jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui\r\nprosedur statistik akan tetapi menekankan pada makna, penalaran definisi suatu\r\nsituasi tertentu.\r\nHasil dari penelitian ini bahwa Pondok Pesantren Fadlun Minalloh dalam\r\nmengembangkan kemampuan berfikir kritis santri melalui metode halaqah dalam\r\npembelajaran fiqih sangat mempengaruhi pengembangan kemampuan berfikir\r\nkritis. Hal ini dapat dlihat dari beberapa indikator kemampuan berfikir kritis yang\r\ndicapai oleh santri, yaitu: (1) Kemampuan mengenal dan memecahkan masalah,\r\n(2) Kemampuan menyintesis, (3) Kemampuan menganalisis, (4) Kemampuan\r\nmengevaluasi atau menilai, (5) Kemampuan menyimpulkan. Dalam konteks\r\npembelajaran metode halaqah dapat menepis prejudice bahwa metode\r\npembelajaran bersifat terbuka dan inklusif."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410025"^^ . "SYARIFUDDIN AHMAD"^^ . "NIM. 12410025 SYARIFUDDIN AHMAD"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Text)"^^ . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Text)"^^ . . . "12410025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . . "EFEKTIFITAS PENGEMBANGAN\r\nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI\r\nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH\r\nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21691 \n\nEFEKTIFITAS PENGEMBANGAN \nKEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SANTRI MELALUI \nMETODE HALAQAH DALAM PEMBELAJARAN FIQIH \nDI PONDOK PESANTREN FADLUN MINALLAH\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .