eprintid: 21699 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/02/16/99 datestamp: 2016-08-22 01:49:08 lastmod: 2016-08-22 01:49:08 status_changed: 2016-08-22 01:49:08 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: FAJAR FITRIANTO, NIM. 12410047 title: KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted abstract: FAJAR FITRIANTO, Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 2 Depok Sleman dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah berlangsungnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) menjadikan persaingan dalam mencari pekerjaan akan menjadi lebih ketat sehingga dibutuhkan seorang guru yang berkompeten dalam mata pelajaran yang diampunya serta mampu meningkatkan kompetensinya. Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no. 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Mata Pelajaran telah disebutkan kompetensi yang harus dikuasai oleh seorang guru yang diantaranya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Di SMK Negeri 2 Depok Sleman terdapat 5 guru yang mengampu mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti. Namun dengan berlangsungnya MEA apakah guru mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 2 Depok Sleman sudah berkompeten ketika dalam mengajar dan bagaimana cara yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisa dan menginterpretasikan data yang berupa fakta dari hasil penelitian yang tidak berwujud angka. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik dan profesional guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti di SMK Negeri 2 Depok Sleman dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah baik. Untuk kompetensi pedagogik, guru telah berupaya dalam menguasai karakteristik peserta didik, telah mampu mengembangkan kurikulum, menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, memanfaatankan teknologi dalam pembelajaran, berkomunikasi dengan baik, melakukan tindakan reflektif serta turut dalam mengembangkan potensi peserta didik. Akan tetapi, guru dalam hal penguasaan teori belajar masih kurang. Selain itu, dalam penilaian dan evaluasi pembelajaran guru hanya menggunakan tes baik tertulis maupun non tulis sehingga guru belum memanfaatkan metode non-tes sebagai bentuk penilaian hasil pembelajaran. Sedangkan untuk kompetensi profesional, guru telah mampu menguasai materi pembelajaran, mengembangkan standar kompetensi dan kompetensi dasar, mengembangkan materi pembelajaran, mengembangkan keprofesionalannya, dan memanfaatkan teknologi untuk pengembangkan diri. Cara yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya yaitu dilakukan dengan mengikuti pelatihan, seminar maupun diklat serta bergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) pendidikan agama Islam dan budi pekerti. date: 2016-06-28 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: FAJAR FITRIANTO, NIM. 12410047 (2016) KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMK NEGERI 2 DEPOK SLEMAN DALAM MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21699/2/12410047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21699/1/12410047_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf