relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2170/ title: PENGARUH PENDIDIKAN PENGGUNA TERHADAP PERILAKU PENELUSURAN INFORMASI PENGGUNA UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN creator: ANISA SRI RESTANTI - NIM. 06140077-E, description: ABSTRAK Pendidikan pengguna merupakan salah satu program untuk mendidik pengguna dalam memanfaatkan perpustakaan secara optimal. Penelitian ini dilaksanakan di UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) pada tahun 2008. Pokok masalah yang akan diteliti yaitu adakah pengaruh pendidikan pengguna terhadap perilaku penelusuran informasi pengguna UPT Perpustakaan UNSOED. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel 100 responden dari subjek yang ditentukan. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan cara accidental sampling. Untuk menganalisis data digunakan teknik statistik korelasi rank spearman dan regresi linier sederhana. Penelitian ini menghasilkan tiga simpulan, yaitu (1) ada pengaruh pendidikan pengguna terhadap perilaku penelusuran informasi pengguna UPT Perpustakaan UNSOED yang ditandai dengan hasil perhitungan korelasi rank spearman sebesar 0,385; (2) pengaruh pendidikan pengguna terhadap perilaku penelusuran informasi pengguna UPT Perpustakaan UNSOED adalah positif dan signifikan yang ditunjukkan dengan nilai t hitung (4,47) t tabel (1,96); (3) besarnya pengaruh pendidikan pengguna terhadap perilaku penelusuran informasi pengguna UPT Perpustakaan UNSOED adalah 15%, hal ini sesuai dengan hasil penrhitungan koefisien determinasi sebesar 14,7. Dengan demikian, berdasarkan temuan hasil penelitian ini, maka untuk mengingkatkan pengaruh, pendidikan pengguna dapat dilakukan secara berkesinambungan. date: 2009-05-12 type: Thesis type: PeerReviewed identifier: ANISA SRI RESTANTI - NIM. 06140077-E, (2009) PENGARUH PENDIDIKAN PENGGUNA TERHADAP PERILAKU PENELUSURAN INFORMASI PENGGUNA UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.