%A NIM. 12410052 ZAIRINA QONITA MUNA %O Dr. H. Suwadi, S.Ag., M.Pd. %T PENERAPAN STRATEGI SURVEY-QUESTION-READ- RECITED-REVIEW (SQ3R) DALAM MENCAPAI INDIKATOR PENILAIAN PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS XI IPA DI MAN SABDODADI BANTUL %X ZAIRINA QONITA MUNA. Penerapan Strategi Survey-Question-Read- Recited-Review (SQ3R) dalam Mencapai Indikator Penilaian Pembelajaran SKI pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Sabdodadi Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar pelakang penelitian ini adalah kemajuan jaman memunculkan banyak inovasi dalam dunia pendidikan. Salah satunya strategi pembelajaran. Terkadang strategi pembelajaran yang digunakan belum sesuai guna mecapai indikator penilaian yang ditentukan. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bentuk komponen indikator penilaian pembelajaran SKI siswa kelas XI MAN Sabdodadi Bantul. Mengetahui penerapan strategi survey-question-read-recited-review (SQ3R) dalam mencapai indikator penilaianpembelajaran SKI pada siswa kelas XI IPA di MAN Sabdodadi Bantul. Serta untuk mengetahui kendala dari penerapan strategi survey-question-read-recited-review (SQ3R) dalam mencapai indikator penilaian pembelajaran SKI pada siswa kelas XI IPA di MAN Sabdodadi Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan berjenis kualitatif , dengan mengambil latar MAN Sabdodadi Bantul. Subyek penelitian ini adalah guru SKI dan siswa kelas XI IPA di MAN Sabdodadi Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Untuk melihat tercapainya indikator penilaian tersebut, maka dibutuhkan teknik penilaian. Teknik penilaian yang digunakan antara lain penilaian antar teman dan observasi, tes lisan, tes tertulis (pilihan ganda dan uraian), penugasan serta portofolio. (2) Guru secara konsisten menerapkan setiap langkah pada strategi SQ3R dari pertemuan pertama hingga pertemuan ketujuh. Langkah pertama survey, langkah kedua question, langkah ketiga read, langkah ke-empat recited, dan langkah kelima review (3) RPP, materi, alokasi waktu yang digunakan masih kurang, Sumber Daya Manusia (siswa), media/ sumber belajar berupa buku paket yang kurang, serta penilaian sebagai tolak ukur pencapaian indikator penilaian pembelajaran SKI. %K Strategi Pembelajaran, SQ3R, Indikator Penilaian Pembelajaran %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21700