<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA"^^ . "KHASAN BISRI. Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam\r\nMerekonstruksi Materi Tentang Peperangan dalam Peradaban Islam di MA Ali\r\nMaksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam\r\nFakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam penulisan sejarah\r\nkebudayaan Islam hampir semua buku menuliskan tentang peperangan. Buku-buku\r\npelajaran SKI di sekolah juga tidak terlepas dari materi tentang peperangan. Hal\r\ntersebut jika tidak disikapi secara tepat oleh guru dan siswa sangat berpotensi terjadi\r\npersepsi yang kurang tepat bahkan keliru. Maka perlu strategi yang tepat dari guru\r\nuntuk menyampaikan materi tersebut agar siswa tidak salah persepsi terhadap\r\npeperangan dalam Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan guru SKI\r\nmenyampaikan materi tentang peperangan dalam peradaban Islam secara menarik,\r\nstrategi guru SKI dalam merekonstruksi materi tentang peperangan, dan dampak bagi\r\nsiswa ketika guru menyampaikan materi tentang peperangan dalam peradaban Islam\r\nsecara menarik di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MA\r\nAli Maksum Krapyak Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,\r\nobservasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna\r\nterhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.\r\nPemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data yaitu dengan\r\nmembandingkan data hasil wawancara dengan observasi.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru menyampaikan materi\r\npeperangan secara menarik karena materi peperangan sangat berpotensi membuat\r\nsiswa bosan, jenuh, bahkan sama sekali tidak tertarik. Selain itu karena materi\r\npeperangan perlu disampaikan secara utuh kepada siswa, agar siswa tidak salah\r\npersepsi tentang hakekat perang dalam Islam. 2) Cara guru merekonstruksi materi\r\npeperangan dalam peradaban Islam adalah dengan menjelaskan kepada siswa konsep\r\njihad dan dakwah terlebih dahulu, kemudian latar belakang terjadinya perang,\r\nnilai/‟ibrah/pesan moral yang dapat diambil dari peristiwa peperangan, kemudian\r\nmenjelaskan berbagai fenomena/isu-isu aktual yang sedang terjadi akhir-akhir ini,\r\nlalu dihubungkan dengan materi peperangan tersebut. 3) Dampak bagi siswa ketika\r\nguru menyampaikan materi peperangan secara menarik dan menyenangkan\r\ndikelompokan menjadi dua, yaitu dampak secara kognitif dan dampak secara sikap.\r\nSecara kognitif pemahaman siswa tentang peperangan dalam peradaban Islam adalah\r\nbahwa Islam tidak pernah menyerang terlebih dahulu, peperangan yang terjadi\r\nhanyalah pilihan terakhir karena sudah tidak ada jalan lain lagi. Peperangan yang\r\nterjadi adalah berorientasi dakwah dan jihad. Sedangkan secara sikap siswa menjadi\r\npunya kesemangatan yang tinggi untuk belajar, punya keinginan dan target yang\r\ntinggi untuk berjihad memenangkan olimpiade-olompiade internasional masa kini,\r\npengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dedikasi yang tinggi terhadap\r\nagamanya, serta punya niatan tulus untuk menjadi Muslim yang sesungguhnya."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410054"^^ . "KHASAN BISRI"^^ . "NIM. 12410054 KHASAN BISRI"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "12410054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM\r\nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN\r\nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK\r\nYOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21705 \n\nSTRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM \nDALAM MEREKONSTRUKSI MATERI TENTANG PEPERANGAN \nDALAM PERADABAN ISLAM DI MA ALI MAKSUM KRAPYAK \nYOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .