<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA"^^ . "ESTI RAHMAH PRATIWI. Pengaruh Kurikulum Tersembunyi\r\n(Hidden Curriculum) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMP\r\nIslam Terpadu Masjid Syuhada, Kotabaru Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta :\r\nJurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN\r\nSunan Kalijaga, 2016.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan karakter\r\nsiswa yang sebaiknya diterapkan sejak usia dini, karena usia dini terbukti sangat\r\nmenentukan kemampuan siswa dalam mengembangkan potensinya. Dalam\r\npendidikan formal yaitu sekolah terdapat hal-hal yang sifatnya tidak tertulis yang\r\ndisebut dengan kurikulum tersembunyi (hiden curriculum). Hidden curriculum\r\nitulah yang menjadi wujud nyata dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mengetahui pelaksanaan hidden curriculum dengan pembentukan\r\nkarakter siswa, dan seberapa besar pengaruh hidden curriculum terhadap karakter\r\nsiswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu Masjid Syuhada’ Kotabaru.\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini\r\nadalah siswa kelas VIII SMP IT Masjid Syuhada’ yang berjumlah 44 siswa, dan\r\npengambilan sampel untuk penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII. Teknik\r\npengumpulan data menggunakan kuisioner/angket, wawancara, observasi dan\r\ndokumentasi. Hasil uji validitas instrumen hidden curriculum menunjukkan dari\r\n30 butir angket terdapat 29 butir terbukti valid dan hasil uji validitas instrumen\r\nkarakter siswa menunjukkan dari 30 butir angket terdapat 28 butir terbukti valid.\r\nSedangkan hasil analisis reliabilitas instrumen hidden curriculum menunjukkan\r\nkoefisien reliabilitas sebesar 0,905 dan instrumen karakter siswa sebesar 0,900.\r\nTeknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis deskriptif, uji\r\nprasyarat analisis dan teknik analisis regresi linier.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pelaksanaan hidden curriculum\r\ndi SMP IT Masjid Syuhada’ berada dalam kategori cukup baik berdasarkan\r\nanalisis deskriptif sebesar 27,28% berada dalam kelompok skor 88 – 98 yang\r\nmenunjukkan kriteria cukup baik. 2) Pembentukan karakter siswa kelas VIII di\r\nSMP IT Masjid Syuhada’ berada dalam kategori cukup baik berdasarkan analisis\r\ndeskriptif sebesar 27,28% berada dalam kelompok skor 86 – 95 yang\r\nmenunjukkan kriteria cukup baik. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan\r\nsignifikan antara hidden curriculum terhadap karakter siswa, dimana apabila\r\nhidden curriculum meningkat sebesar 1 satuan maka karakter siswa akan\r\nmeningkat sebesar 0,649. Karakter siswa dipengaruhi oleh hidden curriculum\r\nsebesar 52,7% sedangkan 47,3% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel\r\ndalam penelitian yang digunakan."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410084"^^ . "ESTI RAHMAH PRATIWI"^^ . "NIM. 12410084 ESTI RAHMAH PRATIWI"^^ . . . . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "12410084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM)\r\nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII\r\nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21710 \n\nPENGARUH KURIKULUM TERSEMBUNYI (HIDDEN CURRICULUM) \nTERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS VIII \nDI SMP IT MASJID SYUHADA’ KOTABARU YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .