relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21729/ title: PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP ETIKA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH TUAN SOKOLANGU GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 creator: ANIK OKTARIANI SARI, NIM. 12410161 subject: Pendidikan Agama Islam description: Anik Oktariani Sari. Pengaruh Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap Etika Belajar Siswa Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tuan Sokolangu Gabus Pati Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pengelolaan kelas yang dilaksanakan guru dalam pembelajaran masih belum menjadikan siswa fokus dalam pembelajaran , karena masih ada siswa bermain sendiri ketika pembelajaran. Etika belajar dipengaruhi beberapa faktor yaitu faktor internal maupun eksternal, salah satunya lingkungan atau keadaan lingkungan yang mendukung, seperti pengelolaan kelas. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh pengelolaan kelas terhadap etika belajar siswa . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengelolaan kelas dalam pembelajaran Aqidah Akhlak terhadap etika belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Tuan Sokolangu Gabus Pati tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati Tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 152 siswa yang terdiri dari kelas VIII-2 dan VIII-4, dimana pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling teknik ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel secara acak , dengan jumlah sampel sebanyak 76 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas pada instrument etika belajar menunjukkan dari 22 butir soal terbukti valid dan 7 butir soal tidak valid , sedangkan pada instrument pengelolaan kelas terdapat 21 butir soal terbukti valid, dan 8 butir soal tidak valid, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,824 untuk etika belajar dan 0,729 untuk pengelolaan dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Etika Belajar Siswa Kelas VIII MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati Tahun Pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 75-79, dengan mean sebesar 74,34 dan standar deviasi 6,498. (2) Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati Tahun Pelajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 65-70, dengan mean sebesar 67,59 dan standar deviasi 6,221. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara pengelolaan kelas terhadap etika belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,674 , maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,0000.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa pengaruh variabel tersebut signifikan antara pengelolaan kelas terhadap etika belajar siswa kelas VIII di MTs Tuan Sokolangu Gabus Pati Tahun ajaran 2015/2016. date: 2016-06-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21729/2/12410161_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21729/1/12410161_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ANIK OKTARIANI SARI, NIM. 12410161 (2016) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP ETIKA BELAJAR SISWA KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH TUAN SOKOLANGU GABUS PATI TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.