relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21735/ title: STUDI KOMPARATIF PENILAIAN (ASSESSMENT) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1 creator: MUFLIHAH, NIM. 12410199 subject: Pendidikan Agama Islam description: MUFLIHAH Studi Komparatif Penilaian (Assessment) pada Mata Pelajaran SKI dalam Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 di Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta 1. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini ialah untuk mengetahui perbandingan penilaian SKI dalam kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di MAN Yogyakarta 1 yang mana sekolah tersebut merupakan salah satu sekolah menengah atas di Yogyakarta yang menerapkan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 secara bersamaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil tempat penelitian di MAN Yogyakarta 1. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah mereduksi data, menyajikan data serta menyimpulkan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dua jenis, yakni triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian : (1) Proses pelaksanaan penilaian pada mata pelajaran SKI kelas XII dalam kurikulum 2006 di MAN Yogyakarta 1 ialah dalam melakukan penilaiannya cenderung pada aspek kognitif. (2) Proses pelaksanaan penilaian pada mata pelajaran SKI kelas X dalam kurikulum 2013 ialah dalam penilaiannya memuat aspek afektif, kognitif serta psikomotorik secara proporsional. (3) Komparasi atau perbandingan pelaksanaan penilaian pada mata pelajaran SKI dalam kurikulum 2006 dengan kurikulum 2013 diantaranya yakni, pada kurikulum 2006 berfokus pada aspek kognitif, cenderung menggunakan penilaian akhir, dan tes menjadi cara penilaian yang dominan. Selain itu penilaian aspek afektif hanya secara garis besar saja. Aspek yang dinilai pun cenderung lebih sedikit sehingga penilaiannya lebih simpel dan tidak ada penilaian aspek psikomotorik, serta dalam memasukkan nilai ke raport tidak perlu dikonversikan. Sedangkan penilaian SKI dalam kurikulum 2013 penilaian pada aspek afektif, kognitif dan psikomotorik dilakukan secara proporsional berdasarkan proses dan output, sehingga penilaian tes serta portofolio saling melengkapi. Penilaian pada aspek afektif jauh lebih rinci dan detail. Aspek yang menjadi bahan penilaian cenderung lebih banyak dan konkrit. Dalam memasukkan nilai ke raport perlu dikonversikan terlebih dahulu. date: 2016-06-28 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21735/2/12410199_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21735/1/12410199_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: MUFLIHAH, NIM. 12410199 (2016) STUDI KOMPARATIF PENILAIAN (ASSESSMENT) PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.