TY  - THES
N1  - Drs. Rofik, M.Ag.
ID  - digilib21737
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21737/
A1  - MUHAMMAD FURQON, NIM. 12410227
Y1  - 2016/06/28/
N2  - Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Disabilitas Netra Pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam Kelas XI IPS I di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta.
Skripsi.Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
UIN Sunan Kalijaga, 2016.
Latar belakang penelitian ini adalah adanya kelas inklusi yang diterapkan di SMA
Muhammadiyah 4 Kotagede Yogyakarta. Kelas ini dimaksudkan untuk memberikan akses
jenjang pendidikan SMA bagi penyandang disabilitas netra. Kelas ini juga dapat difungsikan
untuk mengembangkan kecerdasan inter personal seluruh peserta didik yang ada di dalamnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di
SMA Muhammadiyah 4 Kotagede Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara
pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah
dikumpulkan dan penarikan kesimpulan. Memeriksa keabsahan data dilakukan dengan cara
melakukan trianggulasi dengan mengambil dua sumber data dan kemudian dibandingkan.
Hasil penelitian menunjukkan: Kecerdasan interpersonal peserta didik disabilitas netra
di kelas XI IPS di mata guru adalah cukup, dan kecerdasan interpersonal peserta didik
disabilitas netra di kelas XI IPS di mata peserta didik non disabilitas adalah bervariasi, serta
kecerdasan interpersonal peserta didik disabilitas netra di kelas XI IPS di mata peserta didik
disabilitas netra itu sendiri adalah baik .
Metode yang diterapkan oleh guru di SMA Muhammadiyah 4 Yogyakarta dalam
proses kegiatan belajar mengajar diantaranya, ceramah, diskusi tanya jawab, mendongeng,
motivasi, permainan dan metode penugasan. Semua metode tersebut dapat diterima oleh
semua peserta didik termasuk peserta didik disabilitas netra. Sedangkan media pembelajaran
sebagai sarana pendukung diantaranya, audio visual, internet, Al-Quran Braile dan CD
pembelajaran.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Kecerdasan inter personal
KW  -  peserta didik disabilitas netra
KW  -  metode
KW  - 
media.
M1  - skripsi
TI  - KECERDASAN INTERPERSONAL PESERTA DIDIK DISABILITAS
NETRA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
(PAI) DI KELAS XI IPS 1
DI SMA MUHAMMADIYAH 4 KOTAGEDE
YOGYAKARTA
AV  - restricted
ER  -