TY - THES N1 - Dr. Sangkot Sirait M.Ag. ID - digilib21746 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21746/ A1 - FASIKHATUN AZIZAH, NIM. 12410266 Y1 - 2016/06/28/ N2 - Fasikhatun Azizah, Problematika Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak di SMK Muhammadiyah Prambanan. Skripsi Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah kurikulum 2013 dalam proses pelaksanaannya menerapkan pendekatan saintifik. Namun pada kenyataanya belum semua guru siap untuk melaksanakan kurikulum 2013 dengan menggunakan pendekatan saintifik. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Muhammadiyah Prambanan, mengapa muncul problematika dalam mengimplementasikan pendekata saintifik di SMK Muhammadiyah Prambanan, dan bagaimana solusi yang diambil untuk menngatasi problematik yang dihadapi oleh guru PAI dalam mengimplementasikan pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMK Muhammadiyah Prambanan Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMK Muhammadiyah Prambanan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak meliputi kegiatan perencanaan pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Problematika pendekatan saintifik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak diantaranya adalah kesulitan teknis, kesulitan proses pelaksanaan pembelajaran serta kondisi guru. Kesulitan teknis di antaranya mengenai pembuatan RPP, kesulitan dalam menentukan metode dan strategi pembelajaran, kurangnya media pembelajaran untuk mata pelajaran PAI khususnya Aqidah Akhlak, kurangnya motivasi belajar serta minat anak terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlak, jadwal mata pelajaran yang sering berubah, dan yang terakhir jam pelajaran yang sangat terbatas. Untuk proses pelaksanaan pembelajaran guru sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan baik walaupun belum secara maksimal. Sedangkan untuk kondisi guru, guru sering meninggalkan kelas. Upaya guru dan pihak sekolah untuk mengatasi problematika pendekatan saintifik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yaitu : dari pihak guru adalah guru harus belajar membiasakan mengintegrasikan pembelajaran dengan menggunakan IT agar pembelajaran lebih menarik. Kebijakan yang seharusnya diberikan oleh sekolah antara lain: mengadakan workshop kepada guru tentang penggunaan pendekatan saintifik yang efektif dan efisien dan juga mengadakan workshop kepada guru tentang strategi dan metode pembelajaran kurikulum 2013. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA M1 - skripsi TI - PROBLEMATIKA PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN AV - restricted ER -