<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA"^^ . "AGRINA ISWARA RUMAISHA. Peran Guru PAI dalam Mengefektifkan\r\nPenggunaan Kartu Shalat Sebagai Upaya Pembinaan Kesadaran Beribadah di\r\nMAN Tempel Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan\r\nAgama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga,\r\n2016.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah kemerosotan akhlak dan kurangnya\r\nkesadaran untuk beribadah yang menjadi fenomena yang banyak terjadi, terutama\r\ndi kalangan remaja. Sekolah merupakan salah satu tempat bagi peserta didik untuk\r\nmembangun kesadaran ibadah, terutama ibadah shalat. Mengingat untuk memiliki\r\nkesadaran beribadah seorang anak masih perlu untuk dibimbing dan dibina.\r\nMelalui kartu shalat sekolah berupaya membina kesadaran beribadah peserta\r\ndidik. Dari latar belakang tersebut, yang menjadi permasalahan penelitian ini\r\nadalah bagaimana peran guru dalam mengefektifkan penggunaan kartu shalat\r\nsebagai upaya pembinaan kesadaran beribadah di MAN Tempel. Penelitian ini\r\nbertujuan untuk mengetahui penerapan kartu shalat, peran guru PAI dalam\r\nmengefektifkan penggunaan kartu shalat sebagai upaya pembinaan kesadaran\r\nberibadah, serta faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam\r\nmengefektifkan penggunaan kartu shalat tersebut.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar\r\nMAN Tempel Sleman Yogyakarta, pengumpulan data dilakukan dengan\r\nwawancara, observasi,dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi\r\ndata, kemudian penyajian data, kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan\r\nkeabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data dengan dua\r\nmodus, yaitu dengan triangulasi sumber dan teknik.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kartu shalat di MAN Tempel ini\r\ndi terapkan pada shalat dzuhur. Setiap pagi siswa mengambil map yang telah\r\ndisediakan untuk masing-masing kelas yang berisikan kartu shalat dan buku\r\npresensi siswa yang diisi setiap pagi dan setelah shalat jamaah dzuhur. Kartu\r\nshalat ini kemudian dikumpulkan pada saat shalat dzuhur kemudian hasil\r\npengumpulannya direkap dalam buku presensi. Setiap harinya ada 6-8 guru piket\r\nkhusus yang mengawasi dan merekap hasil pengumpulan kartu shalat. 2) Dalam\r\nmengefektifkan penggunaan kartu shalat sebagai upaya pembinaan kesadaran\r\nberibadah ini guru PAI memiliki peran sebagai pendidik, pengajar, pembimbing,\r\npelatih, teladan, dan evaluator. 3) Faktor yang mendukung guru PAI dalam\r\nmengefektifkan penggunaan kartu shalat yaitu adanya kerjasama yang baik antara\r\nsemua pihak dan keterlibatan OSIS dalam membantu penerapan kartu shalat.\r\nSedangkan faktor penghambatnya yaitu siswa belum semuanya sepenuhnya\r\nmenyadari bahwa shalat itu bukan hanya sekadar kewajiban, melainkan suatu\r\nkebutuhan, masih ada beberapa orang tua siswa yang kurang mendorong siswa\r\nuntuk melaksanakan ibadah, ada sebagian guru yang kurang punya kepedulian\r\nuntuk selalu mengingatkan siswanya, ada sebagian guru yang tidak ikut shalat\r\nberjamaah."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12410273"^^ . "AGRINA ISWARA RUMAISHA"^^ . "NIM. 12410273 AGRINA ISWARA RUMAISHA"^^ . . . . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . "12410273_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU PAI\r\nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT\r\nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH\r\nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21750 \n\nPERAN GURU PAI \nDALAM MENGEFEKTIFKAN PENGGUNAAN KARTU SHALAT \nSEBAGAI UPAYA PEMBINAAN KESADARAN BERIBADAH \nDI MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .