TY - THES N1 - Sigit Prasetyo, M.Pd.Si, ID - digilib21776 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21776/ A1 - RENI RANTIKA, NIM. 12670012 Y1 - 2016/06/10/ N2 - Proses pembelajaran kimia yang efektif dan lebih bermakna apabila peserta didik dilibatkan secara langsung dan berperan aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menempatkan peserta didik sebagai subjek pembelajaran dan guru sebagai pengelola pembelajaran. Pembelajaran yang berpusat pada guru menjadikan peserta didik hanya sebagai penerima informasi sehingga cendrung lebih pasif dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Penggunaan model pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kerjasama dalam memecahkan masalahnya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh model pembelajaran SSCS berbantu asking card terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, (2) pengaruh model pembelajaran SSCS berbantu asking card terhadap kerjasama peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa model pembelajaran search, solve, create, and share (SSCS) serta variabel terikat berupa kemampuan berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MAN Yogyakarta II semester genap tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik Pengumpulan data pada penelitian ini dengan cara test dan observasi kerjasama. Teknik analisis data menggunakan uji independent sampel t-test dan uji Mann withney. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran SSCS terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig (2-tailed) dari uji t < 0,05 yaitu sebesar 0,022. (2) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran SSCS terhadap kerjasama peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig (2-tailed) dari uji Mann withney < 0,05 yaitu sebesar 0,001. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Model pembelajaran SSCS berbantu asking card KW - kemampuan berpikir kreatif dan kerjasama peserta didik kelas XI MAN II Yogyakarta M1 - skripsi TI - PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE (SSCS) BERBANTU ASKING CARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KERJASAMA SISWA KELAS XI MATERI LARUTAN PENYANGGA AV - restricted EP - 261 ER -