%A NIM. 12670020 RINTA NUR ARIYANI %O Asih Widi Wisudawati, %T PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN OUTBOUND IPA SMP/MTS DENGAN GUIDED NOTE TAKING %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), bertujuan untuk mengetahui karakteristik produk dan kualitas buku berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik IPA SMP/MTs, dan instruktur outbound. Penelitian menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Pengembangan buku panduan outbound IPA dibimbing oleh dosen pembimbing, mendapatkan masukan dari tiga peer reviewer, dan masukan serta penilaian dari dosen ahli materi dan ahli media, pendidik IPA SMP/MTs serta instruktur outbound. Penilaian produk meliputi 8 aspek penilaian dengan 22 kriteria menggunakan instrumen lembar skala 5. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku panduan outbound. Karakteristik produk buku panduan outbound IPA bidang kajian Materi dan Sifatnya yang dikembangkan diberi judul “Outbound Sains? Ayo!” yang terdiri dari 15 permainan yang terbagi menjadi 5 pos. Setiap pos terdiri dari Kompetensi Dasar, alokasi waktu, peralatan, tujuan outbound, guided note taking dalam bentuk cerita pendek, instruksi dan makna permainan. Hasil penelitian dan pengembangan buku panduan outbound IPA berdasarkan penilaian ahli materi menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 49 dan persentase keidealan 81,67%. Menurut penilaian ahli media menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 46 dan persentase keidealan sebesar 92%. Menurut penilaian pendidik IPA SMP/MTs menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dan persentase keidealan sebesar 92% dan menurut instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 53 dan persentase keidealan sebesar %K pengembangan, buku panduan outbound, guided note taking, materi dan sifatnya %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21782