@phdthesis{digilib21783, month = {June}, title = {PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN OUTBOUND IPA BAGI PENDIDIK BIDANG KAJIAN MATERI DAN SIFATNYA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA}, author = {NIM. 12670022 FATKHIYATUL FITRI}, year = {2016}, note = {Asih Widi Wisudawati, M.Pd.,}, keywords = {Pengembangan, Buku Panduan, Outbound, Bidang Kajian Materi dan Sifatnya}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21783/}, abstract = {Keberadaan buku panduan outbound IPA masih sulit ditemukan. Hal tersebut dapat menjadi kendala bagi pendidik untuk melaksanakan outbound yang ingin dirancangnya sendiri. Berdasarkan pemaparan di atas, maka peneliti mengembangkan buku panduan outbound IPA bagi pendidik bidang kajian materi dan sifatnya. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan. Penelitian bertujuan untuk mengkaji kualitas buku panduan outbound IPA bagi pendidik bidang kajian materi dan sifatnya berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, tiga pendidik IPA SMP/MTs dan dua instruktur outbound. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan prosedural yang diturunkan dari model pengembangan Borg and Gall. Pengembangan buku panduan outbound IPA ditinjau oleh dosen pembimbing, mendapatkan masukan dari tiga orang peer reviewer, dan juga masukan serta penilaian dari dua dosen ahli (ahli materi dan ahli media), tiga pendidik IPA SMP/MTs serta dua instruktur outbound. Instrumen yang digunakan berupa lembar skala penilaian likert 1-5 yang berisi aspek dan kriteria tertentu. Penilaian kualitas yang dilakukan meliputi 7 aspek penilaian, yaitu aspek cakupan materi; aspek keakuratan dan keluasan materi, aspek kejelasan kalimat, aspek teknik penyajian, aspek penyajian pembelajaran, aspek penilaian pembelajaran, dan aspek kegrafikan. Teknik penilaian kualitas produk diperoleh dari hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas buku. Produk akhir buku panduan outbound IPA memiliki karakteristik edutaninment. Parameter edutainment yang diukur dalam buku panduan outbound IPA yaitu memuat strategi pembelajaran yang menyenangkan, aktif, mengedepankan proses perolehan pemahaman peserta didik melalui pengalaman langsung, memotivasi agar peserta didik lebih berprestasi, dan membuat jalinan kerjasama di antara peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku panduan outbound IPA yang dikembangkan berdasarkan pendidik IPA SMP/MTs mendapatkan kualitas Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 91,31\% dan menurut penilaian instruktur outbound mendapatkan kualitas Baik (B) dengan persentase keidealan 79,13\%.} }