eprintid: 21784 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/17/84 datestamp: 2016-08-25 06:31:05 lastmod: 2016-08-25 06:31:05 status_changed: 2016-08-25 06:31:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: TIKA RAHMAWATI, NIM. 12670025 title: IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DAN RUNGU PADA SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_kim full_text_status: restricted keywords: media pembelajaran kimia, difabel netra dan rungu, sekolah inklusi note: Jamil Suprihatiningrum, M.Pd, Si abstract: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan mengetahui ketersediaan media pembelajaran kimia, hambatan yang ditemui pendidik dalam memodifikasi media pembelajaran kimia, dan solusi yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu pada SMA/MA inklusi di Yogyakarta. Penelitian dilakukan di MAN Maguwoharjo dan SMA N 1 Sewon. Subjek penelitian adalah pendidik kimia, petugas perpustakaan, guru pendamping khusus, dan peserta didik difabel netra dan rungu. Objeknya adalah media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, pengisian skala sikap dan analisis dokumen sedangkan instrumen yang digunakan lembar oservasi, pedoman wawancara, skala sikap, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan sebelum di lapangan, selama di lapangan dan setelah di lapangan menggunakan deskriptif kualitatif untuk wawancara, observasi, dan dokumen serta deskriptif kuantitatif untuk pengisian skala. Keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, diskusi teman sejawat, dan membercheck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu pada sekolah inklusi di Yogyakarta sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena pendidik belum pernah mengikuti pelatihan pengembangan media pembelajaan kimia bagi peserta didik difabel. Solusi untuk memenuhi kebutuhan media pembelajaran kimia adalah adanya pelatihan dan pengembangan media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel oleh pendidik dan pembuatan media pembelajaran kimia bagi peserta didik difabel netra dan rungu sebagai tugas akhir skripsi. date: 2016-06-09 date_type: published pages: 166 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: TIKA RAHMAWATI, NIM. 12670025 (2016) IDENTIFIKASI MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BAGI PESERTA DIDIK DIFABEL NETRA DAN RUNGU PADA SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21784/1/12670025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21784/2/12670025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf