%0 Thesis %9 Skripsi %A ZAKIYATUL HABIBAH OKTAVI, NIM. 12670026 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:21785 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K model pembelajaran Osborn, metode Predict, Observe, and Explain (POE), keterampilan proses sains, dan hasil belajar %P 267 %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN MENGGUNAKAN METODE PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21785/ %X Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa. Selain itu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Kasihan Bantul kelas XI semester genap pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini termasuk Quasi Eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Kasihan Bantul semester genap tahun Ajaran 2015/2016 kelas XI MIA pada materi pokok hidrolisis garam. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penilaian ini dengan cara tes, observasi dan penilain diri (self assessment). Teknik analisis data keterampilan proses sains dilakukan dengan uji t sedangkan hasil belajar siswa dilakukan analisis deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran model Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains dengan signifikansi sebesar 0,000 dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,003. %Z Asih Widi Wisudawati, M.Pd.,