%A NIM. 12670033 Anis Ma’rifatul Mustofiyah %O Khamidinal, M.Si. %T PENGARUH MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ARCS DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA/MA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kepercayaan diri siswa. 2) pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar kognitif kimia. Penelitian ini adalah penelitian Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Pre-test Post-test Group Design. Penelitian dilakukan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X2 (kelas eksperimen) dan kelas X6 (kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yakni pre-test dan posttest, pengisian kuosioner berupa skala kepercayaan diri, dan berupa lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kepercayaan diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney > 0,05 yaitu sebesar 0.822 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar kognitif kimia. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari Uji Mann Whitney > 0,05 yait %K model pembelajaran ARCS, kepercayaan diri, dan hasil belajar kognitif kimia xix %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21787