eprintid: 21787 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 111 dir: disk0/00/02/17/87 datestamp: 2016-08-25 06:53:46 lastmod: 2016-08-25 06:53:46 status_changed: 2016-08-25 06:53:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anis Ma’rifatul Mustofiyah, NIM. 12670033 title: PENGARUH MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ARCS DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA/MA ispublished: pub subjects: KC divisions: jur_kim full_text_status: restricted keywords: model pembelajaran ARCS, kepercayaan diri, dan hasil belajar kognitif kimia xix note: Khamidinal, M.Si. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kepercayaan diri siswa. 2) pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar kognitif kimia. Penelitian ini adalah penelitian Kuasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent Control Pre-test Post-test Group Design. Penelitian dilakukan di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Hidrokarbon. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 6 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas X2 (kelas eksperimen) dan kelas X6 (kelas kontrol). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yakni pre-test dan posttest, pengisian kuosioner berupa skala kepercayaan diri, dan berupa lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap kepercayaan diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai sig.(2-tailed) dari uji Mann Whitney > 0,05 yaitu sebesar 0.822 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran ARCS terhadap hasil belajar kognitif kimia. Hal ini dibuktikan dengan hasil sig.(2-tailed) dari Uji Mann Whitney > 0,05 yait date: 2016-07-12 date_type: published pages: 127 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Anis Ma’rifatul Mustofiyah, NIM. 12670033 (2016) PENGARUH MODEL ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, AND SATISFACTION ARCS DALAM PEMBELAJARAN KIMIA TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21787/1/12670033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21787/2/12670033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf