%0 Thesis %9 Skripsi %A BENNY YANUAR DWI SATRIO, NIM. 12670037 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2016 %F digilib:21788 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %K Pengembangan, Epub Modul, Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, Difabel Netra %P 218 %T PENGEMBANGAN EPUB MODUL KIMIA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT UNTUK SISWA DIFABEL NETRA SMA/MA KELAS X %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21788/ %X Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian bertujuan untuk melakukan analisis kualitas epub modul kimia materi pokok elektrolit dan non elektrolit untuk siswa difabel netra berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru pengajar siswa difabel netra SMA/MA, dan respon siswa difabel netra. Penelitian dilakukan dengan menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif dan diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Pengembangan epub modul kimia dibimbing oleh dosen pembimbing, mendapatkan masukan dari empat orang peer reviewers dan juga masukan serta penilaian dari dua dosen ahli (ahli materi dan ahli media), tiga guru pengajar siswa difabel netra serta respon dari tujuh siswa difabel netra. Instrumen penilaian epub modul kimia ini berupa angket penilaian kualitas yang meliputi 8 aspek yaitu aspek penulisan modul, kesesuaian materi dengan kurikulum, kedalaman konsep dan keluasan materi, kejelasan kalimat dan kebahasaan, penampilan fisik, keterlaksanaan, evaluasi belajar dan tipografi. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas modul. Hasil penelitian menunujukkan bahwa epub modul kimia yang dikembangkan menurut penilaian ahli materi mendapatkan skor 61 dengan persentase keidealan 87,14% dan kualitas Sangat Baik (SB) sedangkan menurut penilaian ahli media mendapatkan skor 47 dengan persentase keidealan 85,45% dan kualitas Sangat Baik (SB). Menurut guru pengajar siswa difabel netra SMA/MA mendapatkan skor rata-rata 108 dengan persentase keidealan 86,40% dan kualitas Sangat Baik (SB) serta respon tujuh siswa difabel netra mendapatkan persentase keidealan 94%. Kata %Z Jamil Suprihatiningrum, M.Pd, Si