TY - THES N1 - Asih Widi Wisudawati, M.Pd ID - digilib21790 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21790/ A1 - NAHDLIYAH AMALIA, NIM. 12670044 Y1 - 2016/06/27/ N2 - Penelitian pengaruh penerapan model pembelajaran means-ends analysis dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X pada materi senyawa hidrokarbon dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berpikir kritis di beberapa SMA di Yogyakarta dan metode guru yang masih tidak dapat menstimulus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dari model pembelajaran means-ends analysis dengan think pair share terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Kolombo Yogyakarta yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ialah kelas X A sebagai kelas eksperimen dan kelas X D sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi experiment dengan desain non equivalent control group design. Teknik pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan cara tes yaitu dengan soal pretest dan posttest. Teknik analisis data yang dilakukan dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas yang selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji Mann Whitney dengan bantuan software SPSS 16.0. Berdasarkan uji hipotesis hasil posttest yang dilakukan dengan uji Mann Whitney didapatkan kesimpulan bahwa terdapat perbedaan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hal ini juga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran means-ends analysis berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - means-ends analysis dengan think pair share KW - kemampuan berpikir kritis M1 - skripsi TI - PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS DENGAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA MATERI SENYAWA HIDROKARBON AV - restricted EP - 164 ER -