TY - THES N1 - Kifayah Amar, S.T., M.Sc., Ph.D. ID - digilib21791 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21791/ A1 - KAMELIA FADHLINA RISTHA, NIM. 09660014 Y1 - 2016/07/01/ N2 - Pendidikan berperan penting dalam memajukan peradaban manusia maka tidak hanya kaum pelajar saja yang membutuhkan pendidikan, namun juga masyarakat dari segala lapisan dan golongan. Salah satu sarana yang dapat menjembatani pendidikan untuk segala lapisan dan golongan adalah perpustakaan umum. Dalam hal ini adalah Perpustakaan Daerah di Yogyakarta. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pengunjung. Dalam penelitian ini, tingkat kepuasan diukur dengan menggunakan Fuzzy-Servqual untuk menentukan tingkat kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi pelanggan. Logika fuzzy digunakan sebagai usaha untuk mengurangi ketidakpastian responden dalam memberikan nilai persepsi dan ekspektasi dalam Servqual. Dengan menggabungkan dimensi Servqual dan Fuzzy (Fuzzy-Servqual) didapatkan gap keseluruhan sebesar -0,983 yang berarti pelayanan yang diberikan perpustakaan belum dapat memenuhi harapan pengunjung. Dari hasil penggabungan metode Servqual-Fuzzy diperoleh nilai tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan yang kemudian dijadikan sebagai titik koordinat dalam pembuatan grafik Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan grafik IPA, faktor-faktor yang menjadi prioritas perbaikan adalah pada kuadran I. Rancangan perbaikan berdasarkan faktor-faktor prioritas perbaikan yaitu: pemberlakuan SOP, penambahan karyawan, melakukan maintenance berkala, melakukan upgrade pada komputer. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Servqual KW - Fuzzy KW - Importance Performance Analysis (IPA) M1 - skripsi TI - ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL DAN FUZZY DI BADAN PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH YOGYAKARTA (BPAD D.I.Y) AV - restricted EP - 128 ER -