<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)"^^ . "Dewasa ini muncul jarak antara yang diidealkan al-Qur‟an dengan kondisi\r\nrealitas kontemporer. Hal ini di respon oleh Abdullah Saeed untuk menggagas sebuah\r\npendekatan baru terhadap al-Qur‟an, dengan istilah \"pendekatan kontekstualis\".\r\nPendekatan ini fokus terhadap ayat-ayat yang bermuatan hukum. Salah satunya\r\nadalah ayat qisas yang terdapat pada QS. al-Baqarah (2): 178-179 dan QS. al-Maidah\r\n(5): 45. Wacana spesifik kontemporer terkait qisas adalah penghapusan hukuman\r\nmati. Pendekatan kontekstualis digunakan untuk memahami ayat qisas dalam masa\r\npewahyuan (konteks makro 1) dan masa kekinian (konteks makro 2). Langkah\r\npendekatan kontekstualis terbagi atas 4 fase: 1) Perjumpaan dengan dunia teks;\r\n2)Analisa Kritis; 3)Makna bagi penerima pertama; 4) Aktualisasi prinsip makna\r\nuntuk saat ini. Prinsip yang didapatkan kemudian dideduksikan sesuai hierarkhi nilai\r\nyang disusun Saeed, yaitu: nilai wajib, nilai fundamental, nilai proteksional, nilai\r\nimplementasional, dan nilai instruksional.\r\nPendekatan kontekstual memiliki pondasi yang selayaknya dipahami baikbaik\r\nsebelum dilakukannya aplikasi penelitian. Yaitu: 1)Wahyu, adanya partisipasi\r\naktif Nabi dalam penyampaiannya; 2)Fleksibilitas makna, interpretasi tidak bermakna\r\nabsolut; 3)Naskh dan reinterpretasi, dipahami sebagai perkembangan hukum bukan\r\npenghapusan hukum; 3)Taksiran makna, interpretasi merupakan prediksi yang tidak\r\nmutlak; 4)Kompleksitas Makna, al-Qur‟an sebagai bahasa juga wacana; 6)Sosiohistoris,\r\nstruktur-sistem Hijaz abad 7 M. 5) Etika hukum dan hierarkhi nilai, fokus\r\nayat yang berbasis hukum untuk dirumuskan secara ideal-moral.\r\nKonsep qisas dalam fiqih menghasilkan prinsip „sama‟ (al-qawwad) yang\r\ndikembangkan dalam beberapa turunan hukumnya seperti: sama dalam status sosial\r\nmasyarakat, sama dalam jumlah pelaku maupun korban, dan sama dalam luka yang\r\nharus dibalaskan.\r\nPendekatan kontekstual guna merespon wacana penghapusan hukuman mati\r\nterkait dengan ayat qisas tersebut kemudian dibahas melalui: Analisa kritis QS. al-\r\nBaqarah (2): 178-179 menuju QS. al-Maidah (5): 45 dengan menggunakan nalar\r\nnaskh yang dipahami sebagai graduasi bukan penggantian. Hasilnya adalah Konteks\r\nmakro 1: qisas merupakan konsep keadilan dalam wujud graduasi hukum yang\r\ndisesuaikan dengan masyarakat Hijaz. Ayat qisas tergolong nilai implementasional,\r\nkarena pada dasarnya aturan qisas masih mempertimbangkan konteks budaya abad 7\r\nM. Dan berfungsi sebagai terapan dari nilai perlindungan masyarakat untuk tidak\r\nmelakukan pembunuhan. Sedangkan pada Konteks makro 2: konsep qisas dalam arti\r\nsama (retribusi) tidak bisa dipertahankan sepenuhnya, (terutama sama dalam arti\r\nstatus sosial). Perkembangan wacana kontemporer menuju humanisme hendaknya\r\ndisikapi secara kompromi, karena pada qisas dalam konteks masa pewahyuan juga\r\nmenyeimbangkan terhadap kondisi sosialnya. Maka, fokus pidana qisas yang terpusat\r\npada korban juga turut beradaptasi pada realitas sekarang, dengan konsep keadilan\r\nresporatif untuk mengakui hak hidup pelaku."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 11530047"^^ . "ACHMAD MUJIB ROMADLON"^^ . "NIM. 11530047 ACHMAD MUJIB ROMADLON"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Text)"^^ . . . "11530047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS\r\nDALAM AL-QUR’AN\r\n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . "HTML Summary of #21804 \n\nPENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP AYAT QISAS \nDALAM AL-QUR’AN \n(SEBUAH APLIKASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL ABDULLAH SAEED)\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .