<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI"^^ . "Munāsabah adalah sebuah konsep penafsiran yang bertolak dari hubungan\r\ninter-koneksi antar ayat dan surat yang memiliki hubungan kohesif antara satu dengan\r\nyang lainnya. Di akhir abad ke-19, al-Farāhi mengembangkan konsep munāsabah ini\r\ndan mengintegralkan dalam sebuah konsep baru yang dia sebut dengan teori naẓm.\r\nNaẓm disebut sebagai bentuk integral dari konsep munāsabah karena munāsabah\r\nhanyalah terhenti pada hubungan inter-koneksi antar ayat yang sifatnya partikular,\r\ntidak pada tataran surat secara keseluruhan. Munāsabah hanya berhasil mengetahui\r\nhubungan antar ayat pertama dan kedua, sedang naẓm mencoba melihat ayat dari satu\r\nsurat keseluruhan-nya sebagai sebuah organisme yang holistik dan utuh. Al-Farāhi\r\nmenurunkan cara pandang tersebut ke dalam sebuah metodologi penafsiran dan\r\nproduk tafsir. Tulisan ini bertujuan untuk memberi kritik terhadap teori naẓm al-\r\nFarāhi tersebut guna memberi devinisi, klasifikasi, analisis dan evaluasi terhadap\r\nteori naẓm.\r\nSumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Fātiḥah al-Niẓām,\r\nDalā'il al- Niẓām, Mufradāt al-Qu'rān, Asālib al-Qur'ān, al-Takmīl fi Uṣūl al-Ta'wīl\r\ndan kitab tafsir Niẓām al-Qur'ān wa Ta'wīl al-Furqān bi al-Furqan karya\r\nHamīduddin al-Farāhi, sehingga, penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan\r\n(library research). Sedang metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah\r\nmetode kritik guna mengetahui posisi, kelebihan dan kekurangan dari suatu tafsir.\r\nHasil penelitian menunjukkan: teori naẓm memiliki tiga prinsip penafsiran,\r\nyaitu (1) struktur lebih penting dari aspek historis, (2) surat sebagai satu kesatuan\r\nyang holistik dan (3) al-Qur'ān merupakan sumber primer dalam penafsiran. Sebagai\r\nkesimpulan, sudut pandang ini hanya bertolak dari bentuk literal teks. Sudut pandang\r\nini berimplikasi pada bentuk penafsiran yang literalis. Sebagai evaluasi, teks tidak\r\nbisa difahami hanya dari sisi harfiahnya saja; teks juga harus dilihat dari sisi alasan\r\nyang melatar belakangi dan tujuan teks diturunkan pada suatu realitas sosial tertentu.\r\nOleh karenanya, ketika teks hendak diintegralkan dalam konsteks yang berbeda, teks\r\nharus difahami terlebih dahulu sesuai konteks tertentu tersebut guna mengetahui\r\nnilai-nilai universal teks. Nilai-nilai yang universal inilah yang seharusnya\r\ndiintegralkan dalam realitas yang selalu berubah dan bergeser."^^ . "2016-06-28" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "FAKULTAS USHULUDIN DAN PEMIKIRAN ISLAM, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 12530023"^^ . "AHMAD SOLAHUDDIN"^^ . "NIM. 12530023 AHMAD SOLAHUDDIN"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Text)"^^ . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Text)"^^ . . . "12530023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . . "KRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21811 \n\nKRITIK TERHADAP TEORI NAẒM ḤAMĪDUDDĪN ALFARĀHI\n\n" . "text/html" . . . "Ilmu Alqur’an dan Tafsir " . .