TY - THES N1 - Siti Husna Ainu Syukri S.T., M.T, ID - digilib21830 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21830/ A1 - CICI FINANSIA, NIM. 12660018 Y1 - 2016/06/22/ N2 - Pamella Swalayan merupakan salah satu ritel modern yang hadir dengan format swalayan yang mengembangkan diri di beberapa wilayah di Yogyakarta dengan membawa visi dan misi organisasi yang islami. Dalam menanggapi persaingan antar peritel yang semakin ketat Pamella Swalayan perlu menyusun strategi yang tepat agar dapat memenangi persaingan. Oleh karena itu, skripsi ini bertujuan untuk merumuskan strategi bersaing Pamella Swalayan dalam menghadapi persaingan bisnis ritel. Penelitian ini dimulai dengan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal disepanjang aktivitas value chain perusahaan. Perumusan strategi bersaing ini menggunakan dua alat bantu yaitu matriks SWOT dan matriks IE. Kemudian hasil yang diperoleh dari perumusan strategi dibandingkan dan dievaluasi dengan menggunakan metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada penelitian ini pembobotan dilakukan menggunakan metode AHP dengan bantuan perangkat lunak Expert choice 2000. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prioritas strategi yang sesuai dengan kondisi Pamella Swalayan yaitu pengembangan program loyalitas pelanggan dalam suatu manajemen hubungan pelanggan. Total skor yang diperoleh untuk strategi tersebut adalah 6.997. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Matriks IE KW - SWOT KW - QSPM KW - Ritel. M1 - skripsi TI - TUGAS AKHIR ANALISIS STRATEGI BERSAING DENGAN PERSPEKTIF VALUE CHAIN MENGGUNAKAN METODE QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX (QSPM) AV - restricted EP - 197 ER -