%A NIM. 1420310012 MUHAMMAD BAHAUR RIJAL %O Prof. Dr. Moh. Syamsul Anwar, MA %T ANALISIS AKAD GOOGLE ADSENSE PERSPEKTIF HUKUM ISLAM %X Penelitian ini mengkaji tentang mekanisme akad Google Adsense dipandang dari aspek hukum Islam. Mekanisme Google Adsense berbeda dengan mekanisme bisnis pada umumnya, diferensiasi tersebut terlihat dari keterlibatan advertiser, google dan publisher yang terikat dalam sebuah sistem kontrak secara online (online contract). Fokus penelitian ini setidaknya menjawab dua persoalan, yaitu: 1) Bagaimana mekanisme Google Adsense? 2) Bagaimana teori akad menjawab tentang mekanisme tersebut perspektif hukum Islam? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan pola pendekatan hukum Islam. Ada dua teori yang menjadi landasan penelitian ini, yaitu teori akad dan teori bisnis online untuk menganalisis aspek hukum. Teori akad yang digunakan fokus pada teori akad perspektif hukum muamalat yang kemudian dipakai untuk menganalisis transaksi dalam Google Adsense, kemudian dari analisis tersebut akan diketahui legal standing dari bisnis Google Adsense. Keseluruhan temuan penelitian diperoleh melalui pengumpulan data dengan melakukan: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme yang terjadi di Google Adsense mencerminkan nilai-nilai dasar akad yang sudah sesuai dengan aturan hukum akad. Pemberlakuan akad secara baku bertujuan menghindari moral hazard untuk melindungi pihak yang terkait dalam bisnis online demi terwujudnya kemaslahatan dan kesejahteraan bersama. Di samping itu, adanya upaya filterisasi yang diberlakukan di Google Adsense menunjukkan adanya penerapan nilai-nilai etika bisnis yang berimplikasi pada keabsahan akad. %K Google Adsense, Akad, dan Bisnis Online %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA %L digilib21848