TY - THES N1 - Dr. Subaidi Qomar, M.A, ID - digilib21856 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21856/ A1 - ABD HAMID, SHI, NIM. 1420310045 Y1 - 2016/05/19/ N2 - Penentuan kebijakan Rektor seakan ikut terseret dalam frame Arabisasi, antara lain berbagai aturan seperti pemakaian baju muslim (koko) pada setiap hari Jumat untuk dosen dan karyawan UNY yang beragama Islam. Namun dampak dari kebijakan tersebut sampai kepada kalangan mahasiswa. Dominasi gerakan mahasiswa pada penentuan kebijakan di lingkungan kampus, menajdi alasan lahirnya kontestasi antara organisasi kampus. Hal tersebut menjadi alasan lahirnya KMNU UNY. Teori kelompok kepentingan menganggap maha bergabung dengan kelompok adalah cara efisien untuk mengimplementasikan aspirasi pada kebijakan kampus. Begitu juga teori strukturasi oleh Anthony Giddens berusaha mempelajari pandangan-pandangan dualisme antara obyektivisme dan subyektivisme dalam teori sosial, namun harus dikonseptualisasikan kembali sebagai dualitas-dualitas struktur. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi pada ilmu yang mengkaji tentang transformasi sosial keagamaan KMNU antara individu dengan kelompok atau sebaliknya. Pendekatan sosiologi juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peran dan pengaruh dari suatu institusi terhadap perkembangan organisasi keagamaannya. Begitu juga pendekatan sosiologi-politik yang penulis gunakan ketika melakukan penelitian di lapangan. Istilah sosiologi-politik berasal dari dua kata, yaitu sosiologi dan politik. Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari masyarakat, kelompok-kelompok sosial dan tingkah laku individu, baik individual maupun kolektif dalam konteks sosial. Politik atau ilmu ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari kekuasaan sebagai konsep inti. Konsep-konsep lain sebagai obyek studi politik dalam hal ini adalah KMNU. Hasil dari penelitian ini ada tiga perubahan KMNU di antaranya: pertama, proses perubahan KMNU dari penampilan dan cara berpakaian yang merupakan identitas atau cerminan kepribadian seseorang, termasuk mahasiswa. Seperti hasil dari kebijakan dari pihak kampus UNY dalam bentuk peraturan, misalnya memakai baju muslim (Koko) untuk dosen, karyawan, staf, mahasiswa. Kedua, nilai yang menjadi tindakan dalam transformasi berpakai baju Koko sangat penting di kalangan para mahasiswa apalagi bagi perempuan wajib hukumnya menutupi auratnya dari kepala sampai kaki kecuali telapak tang dan muka. Untuk trend atau mode pakaian saat ini memang sangat di gandrungi kaum pemuda pemudi namun saya masih biasa saja hanya saja sedikit belajar berhijab yang modern. Untuk gaya pakaian saya saat ini memang ada perubahan namun tidak terlalu jauh berubah dari ketika waktu di pondok. Ketiga, bentuk perubahan sosial keagamaan KMNU melakukan interaksi dengan mahasiswamahasiswa serta organisasi lain dalam bentuk kerja sama dalam mengadakan suatu acara demi terlaksananya program kerja KMNU yang sudah di program kerjakan seperti sinar nasional, bedah buku, Forum Musyawarah Nasional (Bahtsul Masail), serta pelatihan qira?atul qutub yang melibatkan semua kalangan mahasiswa. Adanya program kerja sama ini diharapkan nantinya terjalin silaturahmi yang dapat berubah bagi semua kalangan mahasiswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Transformasi KW - KMNU KW - Agama KW - Pendidikan KW - Sosial dan Budaya M1 - masters TI - TRANSFORMASI SOSIAL KEAGAMAAN KELUARGA MAHASISWA NAHDLATUL ULAMA (KMNU) DI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA AV - restricted EP - 143 ER -