TY - THES N1 - Dr. Abdul Munif, M Ag ID - digilib21857 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21857/ A1 - AHMAD RIFAL, NIM: 09420181 Y1 - 2016/05/30/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar Mah?rah Al-Kalam kelas eksperimen yang menggunakan metode poster session dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode poster session. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A (33 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII B (31 siswa) sebagai kelas kontrol di MTs Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji ?t? dengan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, nilai t observasi > t tabel (2.043 > 2.00). kedua, nilai mean post-test kelas eksperimen sebesar 84.3939 dengan peningkatan sebesar 18.1818. Sedangkan nilai mean post-test kelas kontrol sebesar 79.8387 dengan peningkatan sebesar 4.74058. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Mah?rah Al-Kalam antara kelas eksperimen yang menggunakan metode poster session dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode poster session dalam pembelajaran Mah?rah Al-Kalam di kelas VIII MTs Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Poster Session KW - Mah?rah Al-Kalam KW - MTs Negeri Wonokromo Bantul M1 - skripsi TI - EKSPERIMENTASI METODE POSTER SESSION DALAM PEMBELAJARAN MAH?RAH AL-KAL?M DI KELAS VIII MTS NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA AV - restricted EP - 106 ER -