%A NIM: 09420181 AHMAD RIFAL %O Dr. Abdul Munif, M Ag %T EKSPERIMENTASI METODE POSTER SESSION DALAM PEMBELAJARAN MAHĀRAH AL-KALĀM DI KELAS VIII MTS NEGERI WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan hasil belajar Mahārah Al-Kalam kelas eksperimen yang menggunakan metode poster session dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode poster session. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A (33 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VIII B (31 siswa) sebagai kelas kontrol di MTs Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji “t” dengan program SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, nilai t observasi > t tabel (2.043 > 2.00). kedua, nilai mean post-test kelas eksperimen sebesar 84.3939 dengan peningkatan sebesar 18.1818. Sedangkan nilai mean post-test kelas kontrol sebesar 79.8387 dengan peningkatan sebesar 4.74058. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar Mahārah Al-Kalam antara kelas eksperimen yang menggunakan metode poster session dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan metode poster session dalam pembelajaran Mahārah Al-Kalam di kelas VIII MTs Negeri Wonokromo Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. %K Poster Session, Mahārah Al-Kalam, MTs Negeri Wonokromo Bantul %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21857