<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI)"^^ . "Fiqih Sosial adalah kerangka berfikir metodologis KH.MA. Sahal\r\nMahfudh dalam merespon kebutuhan mendasar masyarakat yakni Pemberdayaan.\r\nMelalui elaborasi lima ciri pokok Fiqih Sosial, diantaranya: (1), Interprestasi\r\nFiqih secara konstektual, (2) perubahan pola bermadzhab dari qouly menuju\r\nmanhajy, (3), Verifikasi mana ushul mana furu’, (4), Fiqih dihadirkan sebagai\r\netika social bukan hukum positif negara dan (5), pengenalan metodologi\r\npemikiran filosofis, teruma masalah budaya dan sosial, KH. MA. Sahal Mahfudh\r\nmendirikan Biro Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (BPPM) tahun 1984.\r\nPenelitian ini bertujuan menguak upaya pemberdayaan diaspek keluarga\r\nyang menjadi asas dasar suksesnya pemberdayaan keluarga disebuah masyarakat.\r\nThus, peneliti menggunakan dua rumusan masalah diantanya; Bagaimana Konsep\r\nPemberdayaan Keluarga dalam Fiqih Sosial? dan Bagaimana Pola Pembagian\r\nPeran dalam Rangka Pemberdayaan Keluarga Muslim di Desa Kajen?. Demi\r\nmembedah dua rumusan tersebut, peneliti menggunakan teori Social Exchange\r\n(pertukaran sosial) yang diwakili Teori Konstruk Peran F. Ivan Nye, peneliti\r\nberupaya membedah sinergi peran yang turut menjadi indikator berhasilnya\r\npemberdayaan keluarga. Pada dasarnya, pemberdayaan keluarga dimulai dari\r\nkeluarga itu sendiri, adapun upaya yang dilakukan pelbagi pihak dalam masalah\r\npemberdayaan hanya sebatas faktor eksternal yang memfasilitasi, mengawasi dan\r\nmendampingi. Oleh karena itu, demi mendukung penelitian ini, peneliti\r\nmengambil objek penelitian keluarga muslim Kajen letak tumbuh dan\r\nberkembangnya Fiqih Sosial KH. MA. Sahal Mahfudh. Sehingga penelitian ini\r\ndinamakan dengan peneliti lapangan (field research) dengan jenis penelitian\r\ndeskriptif-kualitatif.\r\nPenelitian ini memperoleh dua poin kesimpulan, (1) Fakumnya BPPM saat\r\nini sebagai wujud nyata Fiqih Sosial serta masih barunya PUSAT FISI, Taman\r\nGizi merupakan satu-satunya program Fiqih Sosial yang masih bertahan hingga\r\nsekarang. Taman Gizi tidak terikat dengan badan-badan yang identik dengan KH.\r\nMA. Sahal Mahfudh. Secara birokrasi Taman Gizi berada dibawah pengawasan\r\nPerguruan Islam Matholi‟ul Falah (PIM) sebagai media pembelajaran santri putri\r\nHISMAWATI. Melalui konsep Taman Gizi seorang Ibu dituntut menjadi pondasi\r\ndasar atas partisipasinya dalam Pemberdayaan Keluarga diaspek Kesehatan. (2)\r\nPola pembagian peran keluarga Kajen berbentuk sharing-role (peran bersama).\r\nPeran ini berfungsi sebagai pemopang berdaya nya sebuah Keluarga.\r\nPemberdayan Keluarga Muslim melalui Taman Gizi sangat membutuhkan\r\npartisipasi isteri, sehingga peran ganda (double-garden) yang dilakukan isteri\r\nlebih menonjol dibandingkan suami. Pemenuhan kebutuhan keluarga di aspek\r\nekonomi, pendidikan dan kesehatan anak juga dilakukan oleh isteri. Kaitannya\r\ndengan konstruk peran yang dikemukakan Ivan Nye dalam penentuan ukuran\r\nperan, maka dapat disimpulkan dalam rangka pemberdayaan keluarga peran isteri\r\nlebih dominan dibanding suami."^^ . "2016-07-11" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420310047"^^ . "RIFQI NURDIANSYAH"^^ . "NIM. 1420310047 RIFQI NURDIANSYAH"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Text)"^^ . . . . . "1420310047_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Text)"^^ . . . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH\r\n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN,\r\nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI) (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #21861 \n\nPEMIKIRAN FIQIH SOSIAL KH.MA. SAHAL MAHFUDH \n(STUDI TENTANG PEMBERDAYAAN KELUARGA MUSLIM MASYARAKAT KAJEN, \nKECAMATAN MARGOYOSO, KABUPATEN PATI)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .