%A NIM. 09420197 WAHID AL KIROM %O Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si %T ANALISIS SEMIOTIK TEKS DENGAN GAMBAR PADA BUKU BAHAN AJAR “Ta’līm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah: Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas XI” KARYA Nurul Qamariyah, S.Pd.I %X Wahid al Kirom, Analisis Semiotik Teks dengan Gambar pada Buku Bahan Ajar “Ta’līm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah: Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas XI” Karya Nurul Qamariyah, S.Pd.I. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna makna semiotik pada buku bahan ajar “Ta’līm Al-Lugah Al-‘Arabiyyah: Pendidikan Bahasa Arab SMA/SMK/MA Muhammadiyah Kelas XI” Karya Nurul Qamariyah, S.Pd.I. Hasil penelitian ini diharapkan untuk mengetahui makna gambar dan kesesuaian antara gambar dan teks pada buku bahan ajar tersebut. Penelitian ini termasuk dalam penelitian literatur atau penelitian kepustakaan (library research). Sementara itu dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis isi (content analysis) dan analisis semiotik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku ini sangat layak untuk pembelajaran siswa kelas XI SMA/SMK/MA, yakni didalam buku keseluruhan memuat simbol, tanda, dan gambar yang begitu menarik untuk siswa SMA/SMK/MA yang mempunyai imajinasi tinggi. Penulis telah menganalisis gambar-gambar utama yang berkaitan dengan tema materi disetiap babnya. Sedangkan hubungan makna gambar dan materi pada buku ajar tersebut yakni ilustrasi yang digambarkan disetiap bab tidak berkaitan dengan materi atau teks. %K analisis teks, bahan ajar, metode pembelajaran, media pengajaran %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21862