TY - THES N1 - Drs. H. Agus Triyanta. M.A., M.H., Ph.D., ID - digilib21873 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21873/ A1 - AKHYAR, SHI, NIM. 1420310059 Y1 - 2016/06/28/ N2 - Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana etika marketing yang di jalankan BMT Tamzis, mengingat di tengah ketatnya persaingan antar lembaga keuangan syariah. BMT Tamzis berusaha terus untuk mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Dalam konsep berbisnis, masalah etika sangat diperlukan bagi mereka para pelaku bisnis, apalagi di era globalisasi sekarang ini yang orang cenderung menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya. Maka yang menjadi fokus kajian disini adalah untuk menjawab beberapa persoalan, yaitu: 1) Bagaimana konsep marketing di BMT Tamzis ? 2) Bagaimana konsep marketing di BMT Tamzis dalam perspektif etika bisnis syariah ? Dilihat dari tempat dan lokasi penelitiannya, penelitian ini di kategorikan sebagai penelitian pustaka (library research). Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etika bisnis, Yaitu sebuah penelitian yang di lakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang ditemukan dilapangan berkaitan dengan konsep marketing yang dijalankan, untuk kemudian di analisa dengan menggunakan teori-teori etika bisnis syariah yang sudah di sediakan, guna mendapatkan suatu kesimpulan yang tepat sesuai dengan permasalahan yang ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa di BMT Tamzis tidak ada etika yang tertulis secara formal. Namun ada beberapa prinsip yang harus mereka aplikasikan ke dalam setiap aktivitas mereka. Seperti konsep LIFE (Learning, Integrity, Friendless dan Endurance). Konsep LIFE ini sudah sesuai dengan etika bisnis syariah, karena jika di urai lebih dalam lagi, maka konsep tersebut agak mirip dengan beberapa sifat Rasulullah saw (siddiq, amanah, fathanah dan tabligh). Disamping itu, bagi para marketer ada beberapa hal yang selalu di tekankan, yaitu; tidak boleh memberika maupun menerima hadiah, tidak boleh menjelek-jelekkan kompetitor, harus sopan dan sabar dalam melayani anggota dan mempunyai spritualitas yang tinggi. Namun karena tidak adanya aturan mengenai etika secara tertulis, maka pemahaman mereka tentang etika marketing-pun beragam PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Etika Bisnis Syariah KW - Syariah Marketing KW - Marketing Islami. M1 - masters TI - KONSEP MARKETING DI BMT TAMZIS DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS SYARI?AH AV - restricted EP - 133 ER -