<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH)"^^ . "Nusyūz merupakan sikap kedurhakaan/pembangkangan, sebagaimana yang\r\ndiartikan para ‘ulama umumnya. Konsepsi nusyūz istri sudah dijelaskan dalam QS.\r\nAn-Nisa’; 34 dan Ḥadiṡ, bahkan terkodifikasi dalam hukum positif. Namun hal ini\r\nmasih terus menjadi perbincangan dikalangan ‘ulama terutama era kesetaraan\r\ngender, yang mana konsepsi nusyūz ini dinilai merugikan perempuan. Kontradiksi\r\ntersebut dikarenakan penafsiran dan pemahaman terhadap lafaẓ/teks Al-Qur’an\r\nserta faidah huruf wawu ( و ) pada ayat tersebut. Pokok masalah penelitian ini\r\nadalah bagaimana penyelesaian nusyūz istri dalam kitab fiqh dan hukum positif?\r\nBagaimana konsep penyelesaian nusyūz istri dalam kitab ‘Uqūdullujain (studi\r\npendekatan uṣūlul fiqh)? Bagaimana metode ijtihad Syaikh An-Nawawi Al-Bantani\r\ntentang penyelesaian nusyūz istri dalam kitab’Uqūdullujain?\r\nPenelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan\r\nkajian kepustakaan (library research). Selanjutnya proses penelitian tesis ini\r\nmenggunakan teori analisis deskriptif dan content analysis, yang berusaha\r\nmengungkapkan konsep nusyūz istri dari data primer yakni kitab ‘Uqūdullujain Fī\r\nBayāni Ḥuqūqizzaujain, Murāḥ Labīd Tafsir An-Nawawi (Tafsir Munīr), Tausyih\r\n‘Ala Ibn Qosim dan dari data sekunder yakni kitab, buku, hasil penelitian atau\r\nkarangan lain yang berkaitan dengan permasalahan ini.\r\nHasil penelitian menyimpulkan bahwa pendapat Syaikh An-Nawawi Al-\r\nBantani terhadap QS. An-Nisa’; 34 tentang penyelesaian nusyūz istri, ia\r\nberpendapat huruf wawu ( و ) pada ayat tersebut berfaidah tartīb (berjenjang),\r\nyakni; tahap pertama menasehati (dengan cara lemah lembut, memberi kabar baik\r\ndan buruk akibat nusyūz seperti gugurnya nafkah) jika baru tanda nusyūz. Tahap\r\nkedua; pisah ranjang (tidak bersetubuh/jima’, meskipun bertahun-tahun tetapi tetap\r\ndalam komunikasi sebagai ta’dib) jika sudah jelas nusyūz. Tahap ketiga; memukul,\r\noleh Syaikh An-Nawawi Al-Bantani menganjurkan untuk memaafkannya (tidak\r\nmemukul) sebab hanya memberi kemaṣlahatan bagi suami saja, bahkan jika\r\nmengakibatkan madharat (bahaya) maka hukumnya haram. Hal ini berbeda dengan\r\nmemukul anak yang meninggalkan shalat oleh walinya, karena pemukulan tersebut\r\nmemberi kemaṣlahatan bagi anak. Oleh karenanya ia mengedepankan sikap sabar\r\nsebagaimana ia contohkan kesabaran Umar RA. dalam menghadapi istrinya yang\r\nnusyūz. Pemikiran tehadap teks tersebut, ia pahami dengan metode penalaran\r\nbayāni (teks/lafaẓ) dan konsep kemaṣlahatan suami-istri dalam mencapai; حفظ النسل\r\n(memelihara keturunan). Dengan demikian penulis menambahkan jika dengan\r\nnasehat, pisah ranjang (tidak bersetubuh) istri masih belum sadar atas nusyūznya,\r\nmaka sebisa mungkin sikap kesabaran tersebut disertai musyawarah bersama dan\r\nbila diperlukan dapat melibatkan orang luar seperti orang tua atau ‘ulama, sehingga\r\ndapat tercapai kemaṣlahatan bersama."^^ . "2016-07-12" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . "PROGRAM PASCASARJANA, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1420311028"^^ . "MUSODIKIN, SHI"^^ . "NIM. 1420311028 MUSODIKIN, SHI"^^ . . . . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Text)"^^ . . . . . "1420311028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Text)"^^ . . . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "KONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB\r\n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH\r\nAN-NAWAWI AL-BANTANI\r\n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #21891 \n\nKONSEP PENYELESAIAN NUSYŪZ ISTRI DALAM KITAB \n‘UQŪDULLUJAIN FĪ BAYĀNI ḤUQŪQIZZAUJAIN KARYA SYAIKH \nAN-NAWAWI AL-BANTANI \n(STUDI PENDEKATAN UṢŪLUL FIQH)\n\n" . "text/html" . . . "Hukum Islam"@id . .