@phdthesis{digilib21902, month = {June}, title = {PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAH{\=A}RAH AL-KAL{\=A}M (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016)}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM.12420002 Adam Azmi Syahroni}, year = {2016}, note = {Dr. Abdul Munip, M.Ag}, keywords = {Maharah al Kalam, metode langsung}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21902/}, abstract = {Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode langsung dan seberapa besar peningkatan tersebut khususnya dalam pembelajaran mah{\=a}rah al-kal{\=a}m . penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana penelitiannya adalah siswa madrasah aliyah kelas XI dari populasi yang diteliti diambil dua kelompok yang homogen sebagai sampelnya, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Dengan menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasilpenelitian dengan menggunakan uji ?t?menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar pembelajaran mah{\=a}rah al-kal{\=a}m siswa kelompok control dengan siswa kelompok eksperimen, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Uji T Posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Sig= 0,047 {\ensuremath{<}}0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Uji T nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig= 0,0000 {\ensuremath{<}}0,05 (Ha diterima) yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar ssiswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok kontrolsebesar 76,81 sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata posttest sebesar 82,90 dan ratarata peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 17,72. Dengan melihat perbedaan skor rata-rata posttest yang diperoleh masing-masing kelompok menujukkan bahwa metode langsung dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mah{\=a}rah al-kal{\=a}m.} }