eprintid: 21902 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/19/02 datestamp: 2016-11-02 01:00:54 lastmod: 2016-11-02 01:00:54 status_changed: 2016-11-02 01:00:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adam Azmi Syahroni, NIM.12420002 title: PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Maharah al Kalam, metode langsung note: Dr. Abdul Munip, M.Ag abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan metode langsung dan seberapa besar peningkatan tersebut khususnya dalam pembelajaran mahārah al-kalām . penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dimana penelitiannya adalah siswa madrasah aliyah kelas XI dari populasi yang diteliti diambil dua kelompok yang homogen sebagai sampelnya, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Dengan menggunakan The Randomized Pretest-Posttest Control Group Design sebagai desain penelitiannya. Hasilpenelitian dengan menggunakan uji “t”menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan hasil belajar pembelajaran mahārah al-kalām siswa kelompok control dengan siswa kelompok eksperimen, dan terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan siswa kelompok eksperimen. Uji T Posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen didapatkan nilai Sig= 0,047 <0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen.Uji T nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig= 0,0000 <0,05 (Ha diterima) yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar ssiswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Perbedaan ini dapat dilihat dari skor rata-rata posttest kelompok kontrolsebesar 76,81 sedangkan kelompok eksperimen memperoleh skor rata-rata posttest sebesar 82,90 dan ratarata peningkatan hasil belajar kelompok eksperimen sebesar 17,72. Dengan melihat perbedaan skor rata-rata posttest yang diperoleh masing-masing kelompok menujukkan bahwa metode langsung dapat diterapkan sebagai solusi alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran mahārah al-kalām. date: 2016-06-01 date_type: published pages: 114 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Adam Azmi Syahroni, NIM.12420002 (2016) PENGARUH METODE LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MAHĀRAH AL-KALĀM (Studi Eksperimen Di Kelas XI Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Gaten Condongcatur Depok Sleman Yogykarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21902/1/12420002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21902/2/12420002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf