%0 Thesis %9 Skripsi %A EKA SRI RAMADHANI, NIM. 12420009 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2016 %F digilib:21904 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Korelasi, Sikap Guru, Motivasi Belajar %P 160 %T KORELASI ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG SIKAP GURU DALAM MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB KELAS X MAN LAB UIN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21904/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan antara persepsi siswa tentang sikap guru dalam mengajar dengan motivasi belajar bahasa Arab kelas X MAN Lab UIN Yoyakarta tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment yang kemudian diinterpretasikan dan diberikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sikap guru bahasa Arab dalam mengajar di MAN Lab UIN Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 berada pada tingkat cukup baik yaitu terletak pada interval 95-98. (2) Motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X di MAN Lab UIN Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016 berada pada tingkat kurang baik yaitu terletak pada interval 54-61. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara sikap guru dalam mengajar dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X MAN Lab UIN Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,522 sementara rtabel 5% sebesar 0,223, maka dapat disimpulkan Ha diterima dan Ho ditolak. Angka sig. (2-tailed) 0,000<0.005 maka Ho ditolak, sehingga bisa dikatakan bahwa hubungan kedua variabel tersebut signifikan antara sikap guru dalam mengajar dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas X. Kata kunci : Korelasi, Sikap Guru, Motivasi Belajar %Z Drs. Dudung Hamdun, M.Si.