%A NIM. 12420016 Imah Qo’imah %O Dr. H.Tulus Mustofa, Lc, M.A %T PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MENGGUNAKAN METODE TARJAMAH (Studi Kasus di Kelas I Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta Tahun Ajaran 1436/1437 H) %X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran bahasa Arab di kelas I Marhalah II berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pada tahun ajaran 1436/1437 H banyak metode yang digunakan, padahal pada tahun-tahun sebelumnya hanya menggunakan metode ceramah saja, salah satu metode yang digunakan di kelas I Marhalah II yaitu metode tarjamah. siswi I Marhalah II Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta masih banyak yang merasa sulit dalam menggunakan metode tarjamah, padahal pada kenyataanya metode tarjamah merupakan metode yang mudah dan murah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang dilaksanakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta dengan menggunakan analisa data kualitatif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode tarjamah yang digunakan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta kelas I Marhalah II yaitu dilakukan dengan cara menterjemah secara perkata, perkalimat dan langsung satu paragraf. Dalam menggunakan metode tarjamah santri mengalami problema yang dihadapinya yaitu santri mengalami kesulitan dalam menguasai mufrodat, menyusun hasil tarjamahan supaya menjadi kalimat yang baik dan benar dan mencari kosakata di kamus %K Bahasa Arab, metode tarjamah %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21908