@phdthesis{digilib21914, month = {June}, title = {PENGARUH KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN KITAB KUNING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS XI AGAMA MA ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 12420021 LINA HUSNUL KARIMAH}, year = {2016}, note = {Dr. H. Maksudin, M.Ag}, keywords = {Pengaruh Keaktifan, Pembelajaran Kitab Kuning, Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21914/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi intensitas keaktifan siswa dalam pembelajaran kitab kuning, seberapa tinggitingkat efektivitas pembelajaran bahasa Arab dan pengaruh keaktifan siswa dalam pembelajaran kitab kuning di kelasXI Agama di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas.Analisis data meliputi analisis deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Keaktifan siswa dalam pembelajaran kitab kuning berada dalam kategori baik sebagian besar siswa kelas XI Agama di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta yaitu 30,2\% dari siswa berada pada kelompok interval 90-94 dan 30,2\% dari siswa berada pada interval 95-99. (2) Efektivitas pemebelajaran bahasa Arab berada dalam kategori cukup baik sebagian besar siswa kelas XI di MA Ali Maksum Yogyakarta yaitu 41,5\% dari siswa berada pada kelompok 81-85.(3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam pembelajaran kitab kuning terhadap efektivitas pembelajaran bahasa Arab. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien sebesar 76,6\%. Kata kunci: Pengaruh Keaktifan, Pembelajaran Kitab Kuning, Efektivitas Pembelajaran Bahasa Arab.} }