%0 Thesis %9 Skripsi %A Arina Rizqi Hasanah, NIM. 12420053 %B Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %D 2016 %F digilib:21932 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Analisis Kesalahan, Muḥādaṡah, Bīʹah Lugawiyyah %P 152 %T ANALISIS KESALAHAN MUḤᾹDAṠAH DALAM BĪʹAH LUGAWIYYAH SANTRI PUTRI PONDOK PESANTREN ISLAM MUHAMMADIYAH TARBIYATUL MUKMIN KRAKITAN SALAM MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21932/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan muḥādaṡah, faktor-faktor penyebab kesalahan muḥādaṡah dan upaya untuk mengurangi kesalahan muḥādaṡah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan di mana peneliti benar-benar melihat langsung fenomena yang ada di lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah direktur, ustadz dan ustadzah, serta santri putri Pondok Pesantren Islam Muhammadiyah Tarbiyatul Mukmin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang terjadi dalam muḥādaṡah terdiri dari 8 macam yang meliputi kesalahan fonologi dengan presentase sebanyak 27,70%, morfologi sebanyak 8,80%, sintaksis sebanyak 16%, semantik sebanyak 6,60%, omission sebanyak 16%, addition sebanyak 12,40%, misordering sebanyak 8%, misformation sebanyak 0,07%. Faktor penyebab kesalahan muḥādaṡah adalah perbedaan fonem bahasa, perbedaan struktur kalimat, elastisitas bahasa yang dipelajari, dan penurunan semangat tenaga pendidik. Solusi untuk mengurangi kesalahan muḥādaṡah adalah dengan menegur, memberikan pelajaran bahasa Arab, menggerakkan kembali sumber daya yang ada, mencari kata dalam kamus, bertanya kepada orang yang lebih tahu, dan mengadakan pemasangan papan mufradāt. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Muḥādaṡah, Bīʹah Lugawiyyah %Z Muhammad Jafar Shodiq M.S.I.