%A NIM. 12420057 Suci Handayani %O Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag. %T EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA TERHADAP PENGUASAAN MUFRADᾹT SISWA KELAS VIII MTs NEGERI PEDAN KLATEN %X Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif, sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mufradᾱt dengan menggunakan media permainan ular tangga dan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar mufradᾱt dengan menggunakan media permainan ular tangga pada siswa kelas VIII MTs Negeri Pedan Klaten. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran mufradᾱt dimulai dengan guru membagi siswa dalam tujuh kelompok, setiap kelompok dibagikan mufradᾱt dan media permainan ular tangga kemudian siswa mengamati mufradᾱt dan memainkan permainan ular tangga. Dari mufradᾱt itu siswa berlatih membuat kalimat sederhana. Kegiatan tersebut berjalan baik dan lancar. Kedua, terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perbedaan ini dapat dilihat dari perbedaan rata-rata nilai pre-test ke post-test pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pre-test sebesar 12,41 dan nilai - post-test sebesar 21,24 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol ratarata nilai pre-test sebesar 12,26 dan nilai post-test sebesar 16,12. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan nilai pre-test dan nilai post-test pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosakata bahasa Arab dengan menggunakan media permainan ular tangga terbuktu efektif untuk meningkatkan hasil belajar kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Pedan Klaten. Kata Kunci : Media, Ular Tangga, Mufradᾱt %K Media, Ular Tangga, Mufradᾱt %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21934