%A NIM. 12420069 DANA NASRUL HAMAM %O Dr. Sembodo Ardi Widodo %T TADRIS AL QAWA'ID AL NAHWIYYAH BI KITABIY AMTHILATY WA AL NAHWI AL WADIH BI MA'HAD NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA (DIRASAH AL MUQARANAH MIN NAHIYYAH TARIQAT AL TADRIS WA NATIJATIHI) %X Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persamaan dan perbedaan antara metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kaidah nahwu dengan menggunakan kitab Amtsilati dan Nahwu Wadhih. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data adalah guru kitab Amtsilati dan Nahwu Wadhih, para siswa, dan waka kurikulum di madrasah diniyah Nurul Ummah. Hasil penelitian menunjukkan adanya persamaan dan perbedaan antara metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kaidah nahwu dengan menggunakan kitab Amtsilati dan Nahwu Wadhih. Persamaanya adalah kedua pembelajaran kaidah nahwu tersebut sama-sama menggunakan metode Gramatikal Tarjamah. Adapun perbedaanya adalah disamping menggunakan metode Gramatikal Tarjamah, dalam pembelajaran nahwu dengan kitab Amtsilati, guru juga menggunakan metode Qiyasi (Deduksi) dan Hapalan. Adapun metode yang digukan dalam pembelajaran nahwu dengan kitab Nahwu Wadhih disamping menggunakan metode Gramatikal Tarjamah adalah metode Istiqro’i (Induksi). Adapun hasil pembelajaran kaidah nahwu dengan menggunakan kitab Amtsilati di Ponpes Nurul Ummah Kotagede lebih baik di banding dengan menggunakan kitan Nahwu Wadhih. Nilai rata-rata yang diperoleh para siswa dalam ujian kaidah nahwu yang dipelajari menggunakan kitab Amtsilati adalah 73, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh para siswa dalam ujian kitab kaidah nahwu yang dipelajari menggunakan Nahwu Wadhih adalah 67. %K Pembelajaran Qawaid Nahwu, Amtsilati, Al-Nahwu Al-Wadhih, Komparasi, Metode Pembelajaran, Hasil Pembelajaran. %D 2016 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib21937