eprintid: 21939 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/02/19/39 datestamp: 2016-11-02 01:00:49 lastmod: 2016-11-02 01:00:49 status_changed: 2016-11-02 01:00:49 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ratna Yunita, NIM. 12420078 title: PENGARUH PERMAINAN KARTU KWARTET ‘ARABIYYAH TERHADAP PENGUASAAN ALMUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Eksperimen, Kartu Kwartet ‘Arabiyyah , Penguasaan Al-Mufradāt note: Muhammad Ja’far Shodiq, S.Pd.I., M.S.i. abstract: Berawal dari penguasaan al-Mufradāt siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak yang kurang, peneliti merasa perlu untuk melakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan model design eksperimen kuasi (Quasi Experimental). Penelitian ini memiliki dua variabel, yang pertama variabel bebas yaitu media kartu kwartet ‘Arabiyyah dan tanpa media kartu kwartet ‘Arabiyyah , yang kedua variabel terikat yaitu penguasaan al-Mufradāt. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Sleman. Kemudian dipilih sampel kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu dengan memberikan pre test dan post test berupa dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan bantuan SPSS 16.00 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media kartu kwartet ‘Arabiyyah lebih efektif daripada pembelajaran bahasa Arab tanpa menggunakan media kartu kwartet ‘Arabiyyah penguasaan al-Mufradāt bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Negeri Ngemplak Sleman. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama penggunaan kartu kwartet ‘Arabiyyah dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu dengan model belajar sambil bermain. Siswa bermain kartu kwartet dengan tanpa mereka sadari sambil menghapal al-Mufradāt. Kedua, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat dilihat dari perubahan rata-rata nilai pretest ke postest pada masing-masing kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Rata-rata nilai pretest sebesar 4.7897 dan nilai postest sebesar 4.7343 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol rata-ata nilai pretest sebesar 5.7916 dan nilai postest sebesar 6.6047. Dari sini bisa dilihat tidak ada perubahan yang signifikan dari nilai pretest ke postest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perubahan yang signifikan pada pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan media kartu kwartet ‘Arabiyyah . Kata kunci : Eksperimen, Kartu Kwartet ‘Arabiyyah , Penguasaan Al-Mufradāt date: 2016 date_type: published pages: 169 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Ratna Yunita, NIM. 12420078 (2016) PENGARUH PERMAINAN KARTU KWARTET ‘ARABIYYAH TERHADAP PENGUASAAN ALMUFRADĀT BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS NEGERI NGEMPLAK SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21939/1/12420078_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21939/2/12420078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf