TY - THES N1 - Nurhadi, MA ID - digilib21943 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21943/ A1 - QURROTU AINY, NIM. 12420090 Y1 - 2016/06/13/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pada prestasi Mah?rah Qir??ah santri tahfidz dan santri nontahfidz di kelas Mar?alah 2 Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putri Kotagede Yogyakarta dan faktor-faktor apa yang mempengaruhinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian pada sebagian siswa kelas Mar?alah 2 Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri yang berjumlah 30. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara), dokumentasi dan tes yang mencakup tes Maharah Qira?ah. Analisis data yang digunakan adalah analisis Independent T Test (Uji T) yang kemudian dinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan pada Prestasi Mah?rah Qir??ah antara santri Tahfidz dan santri Non tahfidz di kelas Mar?alah 2 Madrasah Diniyyah Nurul Ummah Putri Tahun Ajaran 2015/2016. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil nilai signifikansi sebesar 0,136, nilai tersebut lebih besar dari taraf nilai signifikansi sebesar 0,05. Selanjutnya dapat dilihat dari perolehan masing-masing mean kedua kelompok santri yaitu santri tahfidz sebesar 78,2 dan santri non tahfidz sebesar 82,9, hal ini menunjukkan bahwa rata-rata Mah?rah Qir??ah santri tahfidz lebih kecil dari santri non tahfidz dengan selisih -4,7. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi tersebut adalah (a) Latar belakang Pendidikan (b) Motivasi dan minat belajar (c) Sarana Prasarana (d) Lingkungan yang mendukung (e) reward. Kata kunci: Komparasi, Mah?rah Qir??ah, Santri Tahfidz dan Non tahfidz PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Komparasi KW - Mah?rah Qir??ah KW - Santri Tahfidz dan Non tahfidz M1 - skripsi TI - STUDI KOMPARASI PRESTASI MAHARAH QIRA'AH BAHASA ARAB SANTRI TAHFIDZ DAN NON TAHFIDZ DI KELAS ?ALAH 2 MADRASAH DINIYYAH NURUL UMMAH PUTRI KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016 AV - restricted EP - 163 ER -